Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Studi Banding Kelompok Tani Manunggal dalam Konsep Jarwo Super

Penilaian: 4 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Bagian dari kegiatan sekolah lapang pengendalian hama terpadu (SLPHT), Balai Penyuluhan Kecamatan Tambakromo bersama dengan Kelompok Tani (poktan) Manunggal melaksanakan studi banding ke Balai Penelitian Lingkungan Pertanian. Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk memperoleh informasi secara detail mengenai teknologi jajar legowo super yang saat ini sedang digalakkan di seluruh wilayah Indonesia.

Pada kesempatan ini, terlebih dahulu para peserta dibekali melalui pemaparan tentang konsep jajar legowo super. Budidaya padi dengan teknologi jajar legowo super adalah hasil pengembangan teknologi budidaya padi terpadu dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) yang berbasis cara tanam jajar legowo (jarwo).

Budidaya padi jarwo super adalah kelanjutan dari teknologi budidaya padi jarwo. Komponen teknologi budidaya padi jarwo super meliputi Varietas Unggul Baru (VUB) potensi hasil tinggi, dekomposer jerami, pupuk hayati, pemupukan berimbang berdasarkan Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS), dan pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) dengan pestisida nabati dan kimia berdasarkan ambang kendali, serta penggunaan alsintan (transplanter dan combine harvester)

Harapan peserta dengan kunjungan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman dari poktan Manunggal tentang teknologi budidaya jajar legowo super. Balingtan berharap kunjungan lapang tersebut banyak bermanfaat dan dapat memotivasi kelompok tani lainnya untuk lebih maju. (Admin Balingtan)