Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Mahasiswa STAIN Kudus Memperoleh Informasi Teknologi Tepat Guna Terkini Tentang Pertanian

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
 

Berita Balingtan - 13 mahasiswa dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Sidomukti, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati berkunjung ke Balai Penelitian Lingkungan Pertanian. Salah satu bagian dari kegiatan KKN adalah pengembangan pertanian dan produk pertanian untuk meningkatkan nilai tambah. Tujuan kunjungan ke Balingtan adalah untuk memperoleh informasi teknologi tepat guna terkini yang dapat diaplikasikan di tingkat petani.

Pada awal kunjungan, mahasiswa memperoleh gambaran singkat institusi Balingtan seperti tupoksi, visi dan misi serta fasilitas yang mendukung kegiatan di Balingtan. Dalam diskusi disampaikan bahwa inovasi-inovasi sangat diperlukan untuk meningkatkan nilai tambah produk pertanian seperti bentuk kemasan yang menarik dan informasi keamanan produk tersebut.

Balingtan dapat berperan dalam kedua hal tersebut. Dengan memanfaatkan jasa analisis di Laboratorium Terpadu Balingtan, produk yang dikembangkan dapat diketahui ada tidaknya kontaminan seperti kandungan logam-logam berat berbahaya, pestisida dan bahan berbahaya lainnya. Informasi inilah yang tentunya akan menjadi nilai jual tersendiri. Brand produk pertanian aman dan ramah lingkungan akan menarik konsumen.

Ke depannya, untuk mengembangkan inovasi tersebut dapat dilakukan kerjasama dengan Balingtan baik dari segi budidaya maupun analisis produknya dengan difasilitasi oleh mahasiswa KKN sebagai penggeraknya.

Kunjungan dilanjutkan dengan melihat langsung di lapangan, teknologi-teknologi yang telah diterapkan di Balingtan, mulai dari teknologi surjan, budidaya padi jajar legowo, teknologi panen air dengan embung, sistem integrasi tanaman-ternak dan pemanfaatan hasil samping pertanian serta limbah organik sebagai pupuk kompos. Penerapan pertanian zero waste di Balingtan menjadi topik diskusi yang menarik dan  dinamis(Admin Balingtan)