Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Belajar Mengelola Pakan Ternak yang Baik

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
   

 Berita Balingtan - Upaya peningkatan kualitas pengelolaan ternak sapi di Kebun Percobaan (KP) senantiasa dilakukan oleh Balingtan. Salah satunya melalui kegiatan magang di Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTUHPT) Baturaden pada tanggal 20-21 November 2017. Kegiatan yang diikuti oleh Kepala Kebun Percobaan Balingtan, Edi Supraptomo, S.ST dan kedua staff KP (Bapak Suyoto dan Bapak Duri) tersebut menitikberatkan pada bagaimana mengelola pakan ternak sapi yang baik sehingga dapat meningkatkan bobot sapi secara signifikan.

Bagaimana mengelola pakan yang baik?? Menurut BBPTUHPT, untuk mendapatkan pakan yang baik harus tersedia lahan rumput yang memadai dalam artian luas lahan sesuai dengan jumlah ternak yang ada. Selain itu kebutuhan ternak harus terpenuhi, dalam satu hari ternak sapi membutuhkan 50 kg hijauan atau rumput, jika kebutuhan ini terpenuhi maka ternak sapi tidak akan tergantung dari pakan konsentrat saja. Adapun jenis rumput yang direkomendasikan untuk meningkatkan bobot sapi adalah rumput odotan, rumput gajah varietas Thailand grass.

Pakan tambahan dapat juga diberikan terutama dari jenis legume yang memiliki protein tinggi seperti Gamal, Kaliandra dan Indigofera. Untuk mendapatkan kualitas hijauan yang bagus, perawatan harus selalu dilakukan meliputi pemupukan, penyiangan dan penyulaman. Selain itu, untuk meningkatkan kandungan protein lebih tinggi dan memenuhi kebutuhan pakan ternak pada musim kemarau dapat disiasati dengan menggunakan pakan ternak dari proses fermentasi jerami (Silase).

Dari semua hal tersebut, faktor yang paling penting dalam keberhasilan pengelolaan ternak sapi adalah ketersediaan anggaran yang memadai termasuk pengelolaan biaya operasional harus diperhatikan dan dialokasikan dengan tepat dan benar. (Rina-Balingtan)