Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Mahasiswa Pascasarjana Mendalami Konsep Ramah Lingkungan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

 Berita Balingtan – Konsep pertanian ramah lingkungan yang diterapkan Balingtan telah menarik perhatian di kalangan akademisi. Sebanyak 20 mahasiswa Pasca sarjana (S2) dan dosen pendamping dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang berkunjung di Balai Penelitian Lingkungan Pertanian dengan tujuan untuk memahami dan mendalami konsep pertanian ramah lingkungan dan pestisida nabati. Kunjungtan mahasiswa dan dosen disambut oleh Bapak Kasubag TU beserta tim diseminasi. Setelah penayangan hasil penelitian terkait pertanian ramah lingkungan, para mahasiswa diberi kesempatan mengunjungi laboratorium terakreditasi yang mendukung tupoksi Balingtan dalam mewujudkan ketahanan dan keamanan pangan, dilanjutkan berkeliling di kawasan Taman Sains Pertanian yang mengimplementasikan teknologi ramah lingkungan, antara lain lysimeter, percobaan di rumah kasa, filter inlet outlet (FIO), teknologi panen air dengan embung, dan teknologi unggulan system integrasi tanaman-ternak (SITT) yang merupakan model sinergi aksi adaptasi dan mitigasi dampak perubahan iklim sekaligus upaya reduksi kontaminan/bahan pencemar.

“Kami fokus di dampak lingkungan penggunaan pestisida kimia”, ujar Ibu Resa (Dosen S2 Pascasarjana yang mendamping para mahasiswa).

Salah satu tusi Balingtan yaitu melakukan penelitian pencemaran lingkungan pertanian baik pada  tanah, tanaman, air, udara dan pupuk serta residu pestisida di lingkungan pertanian. Balingtan juga melayani pelanggan dari luar Balitbangtan dalam pengujian residu pestisida dan bahan agrokimia  seperti perguruantinggi, petani, swasta, instansi pemerintah dan para stakeholder lainnya.

Dalam kunjungan ini diharapkan para mahasiswa pascasarjana memperoleh wawasan dan pengalaman terkait konsep pertanian ramah lingkungan, sehingga mereka ke depannya dapat menjadi generasi muda yang peduli terhadap lingkungan sekitarnya. (Admin Balingtan)