Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Sign Smart KLHK

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Apa itu SIGN SMART KLHK? SIGN SMART merupakan sistem aplikasi yang digunakan dalam perhitungan dan pelaporan inventarisasi GRK secara online. Sistem ini telah dikembangkan oleh Direktorat Inventarisasi Gas Rumah Kaca (GRK), Monitoring, Pelaporan dan Verifikasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sejak tahun 2015.

Ada 5 sektor yang terlibat dalam perhitungan emisi GRK terkait dengan sumber emisi yang dihasilkannya, yaitu (1) Sektor Kehutanan, (2) Sektor Energi, (3) Sektor Limbah, (4) Sektor Pertanian dan (5) Sektor Industri. Seiring dengan perkembangan zaman, pembaharuan platform sangat diperlukan setelah ada beberapa masukan dari user.

Terkait dengan Sektor Pertanian, Kementerian Pertanian yang diwakili oleh Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan), pada pertemuan tanggal 7 Desember 2017 menyampaikan saran-saran terkait teknis perhitungan yang disesuaikan dengan perkembangan metodologi dan asumsi-asumsi. Perbaikan dalam worksheet perhitungan perlu dilakukan terutama yang berkaitan dengan rice cultivation. Selanjutnya aplikasi akan dibuat link dengan sistem EFDB yang sudah ada agar setiap pembaruan yang terkait dengan perhitungan faktor emisi secara cepat dapat ter-update.

Breakdown hasil perhitungan diharapkan sampai ke Kabupaten/Kota. Meskipun saat ini sistem SIGN SMART masih bersifat top down namun ke depannya sistem ini akan diarahkan dari bottom up. (Miranti Ariani, SP, M.Si-Balingtan)