Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Menjalin Sinergi Memajukan Pertanian Kabupaten Pati

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - hari ini yang istimewa bagi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan), Kamis (28/12). Betapa tidak, orang nomor dua di Kabupaten Pati, H. Saiful Arifin S.E tanpa rencana dan pengawalan khusus mengunjungi Balingtan di sela-sela kegiatannya bersama Forum Karang Taruna Kabupaten Pati.   
Bersama dengan pejabat struktural dan peneliti senior Balingtan, Bapak Wabup berkeliling Taman Sains Pertanian (TSP) Balingtan dan beberapa sarpras pendukung penelitian. Menurut Beliau, TSP Balingtan dapat dikembangkan menjadi wahana wisata edukasi bagi masyarakat Kabupaten Pati terlebih dengan dukungan sarana pendidikan pertanian yang lengkap. Dalam kesempatan tersebut, Bapak Wabup mengatakan bahwa Balingtan sebagai lembaga riset
harus mampu dan terus menghasilkan teknologi yang menguntungkan bagi masyarakat. Beliau akan mendorong peran Petugas Penyuluh Lapang (PPL) dan Karang Taruna se-Kabupaten Pati. Untuk membantu menyebarluaskan hasil inovasi teknologi untuk diterapkan di petani. Harapan beliau bahwa Balingtan, PPL dan Pemerintah Daerah Kabupaten Pati harus menjadi mitra yang solid dalam memajukan pertanian Kabupaten Pati.

Langkah awal menjalin sinergitas antara Balingtan dan PPL, Bapak Wabup akan mewajibkan 180 PPL yang ada di Kabupaten Pati untuk mengunjungi dan menyerap ilmu dari para peneliti Balingtan, dan peneliti Balingtan juga aktif melakukan pendampingan agar hilirisasi inovasi teknologi akan terjadi.  Pertanian, peternakan dan perikanan merupakan tiga pilar yang sangat penting dalam menjaga stabilitas ekonomi daerah. Oleh karena itu ketiganya harus kuat di Kabupaten Pati. Peran lembaga
riset, Pemda dan jajarannya serta para pemuda karang taruna sangatlah penting untuk menjamin keberlanjutan perekonomian tersebut. Demikian pernyataan dari Bapak Wakil Bupati Pati mengakhiri kunjungan singkatnya di Balingtan. (Admin Balingtan)