Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Pestisida Nabati Balingtan Dikembangkan Kelompok Tani Secara Swadaya

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Penggunaan pestisida kimiawi secara intensif di era revolusi hijau dapat membahayakan bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Dinamika perkembangan budidaya pertanian saat ini menuntut pendekatan yang lebih ramah lingkungan dengan mengurangi atau meninggalkan komponen bahan agrokimia.  

Balingtan telah mengembangkan produk berbasis sumberdaya lokal, yaitu pestisida nabati. Pestisida nabati menggunakan bahan baku dari tumbuhan yang tersedia melimpah di lingkungan sekitar seperti kunyit, mimba, mahoni, babandotan dan sebagainya. Balai Lingkungan Pertanian telah memperkenalkan pestisida nabati tersebut kepada petani di Kecamatan Batangan, Kab. Pati.

Hasilnya, petani antusias menggunakan pestisida nabati tersebut yang terbukti efektif dalam mengendalikan hama utama tanaman padi. Mereka  secara swadaya mengembangkannya untuk kebutuhan kelompok tani. Penggunaan pestisida nabati memberikan hasil panen padi melimpah di lahan sawah tadah hujan.  Dibuktikan dengan peningkatan hasil panen gabah dari 6,7 ton/ha menjadi 10 ton/ha dengan menggunakan pestisida nabati inovasi Balingtan. (Admin Balingtan)