Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Dunia Industri Mulai Melirik Pemanfaatan Limbah Industri

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

 Berita Balingtan - Limbah merupakan sumber masalah dalam pengelolaan lingkungan hidup. Bilamana tidak dikelola dengan benar, limbah potensial menyebabkan terjadinya cemaran di udara, tanah, maupun air. Terlebih limbah yang berasal dari industri banyak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya.

Permasalahan limbah industri menjadi salah satu perhatian khusus bagi PT Pura Group yang bergerak di bidang industri kertas. Untuk memperoleh informasi pengolahan dan pemanfaatan limbah,  Tim dari PT. Pura Group melakukan kunjungan ke Balingtan pada tanggal 1 Maret 2018. Mereka adalah Direktur Tim Paper Mill Pura Group, Teofilus Liong, manager PSML PM 5/6/9  (Rina Dwi Harsiwi), manager WWTP PM Group (Rieszal Admoko), sebagai kabag RnD PM 5/6/9 (Devi Isabella Devichi), WWTP PM Group (Mohamad Abdur Rohman) dan RnD PM 10 (Dwi Maryanto).

Kedatangan tim PT. Pura Group  disambut oleh Kepala Balingtan Dr. Asep Nugraha  Ardiwinata, M.Si. dan beberapa peneliti Balingtan. Dalam pertemuan tersebut, salah satu peneliti Balingtan (Sri Wahyuni, SP., M.Si.) berkesempatan menyampaikan inovasi teknologi yang dihasilkan oleh Balingtan dalam mengelola limbah. Hasilnya, PT. Pura Group sepakat untuk menjalin kerjasama pemanfaatan limbah industri PT. Pura Group dengan menerapkan inovasi teknologi Balingtan.

Setelah diskusi, tim PT. Pura Group menyempatkan melihat beberapa fasilitas pendukung penelitian dan diseminasi Balingtan seperti Kebun Percobaan dan Laboratorium Balingtan. Admin Balingtan