Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Budidaya Pertanian Ramah Lingkungan bagi Gapoktan Kabupaten Jepara

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) “Sumber Makmur” Desa Lebawu Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara berkunjung ke Balai Penelitian Lingkungan Pertanian untuk menambah wawasan pertanian ramah lingkungan. Sebanyak 35 orang petani berniat untuk mendalami pembuatan biopestisida dan MOL, pembuatan pupuk organik, sistem integrasi tanaman-ternak (SITT) dan cara peningkatan produksi tanaman yang ramah lingkungan. Mereka antusias menyimak materi-materi yang disampaikan oleh Kepala Kebun Percobaan Balingtan (Edi Supraptomo, STP).

Peserta melihat penerapan sistem integrasi tanaman dan ternak (SITT 1 dan SITT 2) di KP Jakenan. Rombongan dapat melihat secara langsung pemanfaatan kotoran ternak untuk dijadikan pupuk organik, biogas, serta sebagai bahan biopestisida. Disamping itu, peserta juga diperkenalkan dengan proses pembuatan biochar dari limbah pertanian seperti sekam padi dan tongkol jagung.  Kunjungan lapang dilanjutkan ke lokasi panen air hujan dengan teknologi embung di daerah tadah hujan. Selain itu, petani melihat langsung sarana penelitian di Balingtan seperti Lysimeter, Rumah Kassa dan Surjan dan produk inovasi teknologi Balingtan seperti FIO (Filter Inlet Outlet).

Setelah adanya kunjungan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan anggota kelompok tani, sehingga akan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya bertani ramah lingkungan. Semoga ilmu yang diperoleh memberikan manfaat dan dapat memotivasi kelompok tani lainnya untuk bergerak bersama mewujudkan pertanian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. (Admin Balingtan)