Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

“Kids Era Now” Peduli Lingkungan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
 
 

Berita Balingtan - Siswa-siswi SMP negeri 01 Batangan Kab. Pati - generasi ‘kids era now’ di jaman serba canggih dengan teknologi digital masih mempunyai hasrat dan kemauan untuk peduli dengan lingkungan. Beberapa prestasi diperoleh dari kerja keras dalam mencintai lingkungan,  menghantarkan mereka untuk  mempersiapkan diri menuju Adiwiyata Tingkat Nasional.

Dalam proses persiapan tersebut, tim Pembina Adiwiyata SMP negeri 01 Batangan menggandeng Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) sebagai mitra dalam sharing iptek terutama penerapan inovasi ramah lingkungan. Bak gayung bersambut, Balingtan menugaskan Tim Diseminasi untuk memberikan bekal awal berupa paparan “Inovasi Teknologi Pertanian Ramah Lingkungan”, yang meliputi pembuatan biochar berbahan baku limbah pertanian, multifungsi biokompos, dan pemanfaatan tumbuhan lokal untuk pestisida nabati. Selain itu siswa dilatih cara budidaya tanaman buah naga dan tanaman toga.

Siswa-siswi yang tergabung dalam “Duta Adiwiyata” sangat antusias memperhatikan materi yang disampaikan oleh Tim Diseminasi Balingtan. Beberapa respon mereka ajukan untuk menyalurkan rasa ingin tahu tentang inovasi ramah lingkungan tersebut. Mereka tidak sabar ingin melakukan kunjungan ke Balingtan untuk melihat secara langsung inovasi ramah lingkungan yang diterapkan di Balingtan.

Dengan pendampingan dari Tim Diseminasi ini diharapkan ke depannya anak-anak menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas, berkarakter dan berwawasan lingkungan. Selain itu juga diharapkan agar kepedulian siswa-siswi terhadap lingkungan tidak hanya diterapkan di lingkungan sekolah saja namun juga di lingkungan masyarakat sekitar mereka. (Admin Balingtan)