Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Biochar Efektif Turunkan Residu Pestisida di Lahan Bawang Merah, Brebes

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

 Berita Balingtan - Daerah Brebes mempunyai 300 komoditas diantaranya yang paling utama yaitu bawang merah, beras, telur, cabai, dll. "Pertanian bawang merah merupakan komoditas sangat mahal di wilayah brebes karena investasi cukup besar. Peran Bank Indonesia adalah untuk investasi yang lebih aman, menstabilkan harga, dan tidak terjadi inflasi," ujar Joni Marsius selaku Direktur Bank Indonesia wilayah Tegal, Rabu (14/3).

Menurut data dari Pemkab Brebes 48% sumbangan dari komoditas bawang merah sebagai komoditi strategis. Penggunaan pestisida di lahan pertanian secara berlebihan atau kurang bijaksana berpotensi tertinggalnya residu pestisida di lahan pertanian dan produk pertaniannya.

Selain itu, penggunaan pestisida masa lalu (organoklorin) sekitar tahun 1960-1970, residunya masih ditemukan hingga kini. Residu tersebut dapat mengancam kesehatan lingkungan dan manusia. "Salah satu cara penanganan residu pestisida adalah dengan memanfaatkan limbah pertanian yang dirubah menjadi biochar atau arang aktif yang terbukti dapat menurunkan residu pestisida di lahan pertanian," pungkas Asep Nugraha selaku Kepala Balai Penelitian Lingkungan Pertanian.

Aplikasi biochar 5 ton/ha dapat menurunkan konsentrasi residu organoklorin  (persistant organic pollutant (POPs)), Aldrin, Dieldrin, Heptaklor, DDT namun produktifitas tetap tinggi 9-10 ton/ha.

Teknologi inovasi Balingtan diantaranya Arang aktif untuk meningkatkan populasi mikroba berguna bagi pertumbuhan tanaman pertanian dan merupakan habitat mikroba pendegradasi pestisida. Arang aktif mampu mengikat residu pestisida golongan organoklorin dan golongan organofosfat. Dari arang aktif dikembangkan inovasinya dalam bentuk FIO (Filter Inlet Outlet), Urea berlapis arang aktif, dll. Arang Aktif bisa dari sekam padi, tongkol jagung, tempurung kelapa.

"Balingtan menjadi inspirasi dalam teknologi ramah lingkungan, " menurut Bursa selaku Manager di Bank Indonesia wilayah Tegal. Tanah yang sehat menghasilkan produk pertanian yang sehat, produk pertanian yang sehat menghasilkan generasi penerus bangsa yang unggul. (Admin Balingtan)