Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Memaksimalkan Peran IT di Era Internet of Things (IoT) dalam Bidang Pertanian

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 
 

 Berita Balingtan -Acara seminar nasional bertajuk memaksimalkan peran IT dalam bidang pertanian dan bisnis yang diadakan di Universitas Muria Kudus (UMK). Seminar tersebut  hadir pemateri dari Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan), Likco Desvian Herindra,  yang menyampaikan wawasan tentang bagaimana kiat memaksimalkan peran IT dalam bidang pertanian. Pada dasarnya IT-preneurship bertujuan mendidik dan melatih seseorang berwirausaha dengan memaksimalkan IT dengan cerdas dan bijak baik dari segi software maupun hardware.

Penerapan Internet of Thing (IoT)  pada pertanian dapat berupa teknologi sensor untuk penggunaan air, sensor untuk mendeteksi serangan hama, dan juga sensor yang mengetahui emisi lingkungan. Dengan penerapan tersebut hasil pertanian dapat meningkat dengan pesat. Selain itu , IoT dapat mempermudah pengawasan lahan produksi melalui smartphone. Penggunaan IoT juga bisa mewujudkan pertanian presisi dan pertanian pintar. Artinya, melalui penggunaan sensor yang diterapkan di lahan pertanian memungkinkan petani mendapatkan informasi detail topografi, tingkat kesuburan, tingkat keasaman hingga suhu tanah, bahkan dapat mengukur cuaca serta memprediksi pola cuaca.

Pada saat ini, IoT real time dan akurat, dapat memberikan perubahan pada rantai pasokan pertanian dan menyediakan teknologi yang membuat pasokan logistik pertanian lancar. (Admin Balingtan)