Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Sungkup Penangkap Gas Rumah Kaca

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
 

 Berita Balingtan - Sektor pertanian memegang peran penting dan nyata dalam memenuhi kebutuhan bahan baku pangan. Seiring dengan laju pertambahan penduduk, produksi pangan perlu ditingkatkan hingga 70% melalui peningkatan produktivitas (intensifikasi) dan perluasan areal budidaya (ekstensifikasi) pada tahun 2050. Di sisi lain, kegiatan pertanian memberikan kontribusi emisi gas rumah kaca (GRK), yaitu ± 5% dari emisi GRK nasional. Sektor pertanian melepaskan emisi GRK ke atmosfer dalam jumlah yang cukup signifikan, yaitu berupa CO2, CH4, dan N2O. Selain sebagai salah satu sumber emisi, sektor pertanian adalah salah satu sektor terdampak oleh pemanasan global dan perubahan iklim. Oleh karena itu, monitoring dan pengawasan terhadap emisi GRK perlu dilakukan secara berkala.

Salah satu sarana untuk memantau emisi GRK adalah peralatan pengambilan contoh gas di lapangan. Alat pengambilan contoh gas tersebut adalah boks (sungkup) yang mudah dirangkai dan dibawa ke lapangan. Alat ini terbuat dari bahan pleksiglas yang dapat dibongkar pasang sehingga memudahkan dalam pengambilan contoh di lokasi-lokasi yang relatif jauh dan sulit. Beberapa tipe sungkup yang telah memperoleh paten, antara lain tipe persegi yang umum digunakan untuk pengambilan contoh GRK di perkebunan maupun persawahan, dan tipe silinder yang dapat digunakan untuk pengambilan contoh GRK di perairan.

Pengambilan contoh gas di perkebunan kopi dilakukan menggunakan sungkup tipe persegi dengan ukuran 20 cm (lebar) x 40 cm (panjang) x 20 cm (tinggi). Pengambilan contoh gas di lahan perkebunan kelapa sawit dilakukan menggunakan sungkup tipe persegi dengan ukuran 50 cm (panjang) x 50 cm (lebar) x 40 cm (tinggi). Pengambilan contoh gas di dalam air saluran drainase gambut dan bendungan menggunakan sungkup tipe silinder yang terbuat dari pipa jenis tabung dengan diameter 20 cm dan tinggi 80 cm dengan ketebalan gabus (sterofoam) 30 cm sebagai pelampung. Pada bagian bawah tabung setinggi 5 cm di beri lubang melingkar. Admin Balingtan