Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Percepatan Proses Akreditasi Laboratorium

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Laboratorium sebagai salah satu unsur pendukung dalam lembaga penelitian dan pengembangan dalam menghasilkan data yang valid untuk menjadi lembaga pertanian berkelas dunia diharapkan sinergi dengan kegiatan penelitian, sinergi dengan sumber dayanya dan sinergi sebagai lab. Servis.  Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian melalui program SMARTD mengadakan kegiatan Workshop Percepatan Akreditasi Laboratorium 2018. Maksud dari kegiatan tersebut adalah untuk membantu mempercepat proses  akreditasi bagi laboratorium di lingkup Badan Litbang Pertanian yang belum terakreditasi sekaligus sosialisasi ISO/IEC 17025:2017 bagi laboratorium yang sudah terakreditasi.

Narasumber dari KAN menyatakan bagi laboratorium yang sudah terakreditasi dapat melakukan penyesuaian dengan ISO/IEC 17025:2017 tanpa mengubah dokumen system mutunya secara total dan menuliskan ulang persyaratan  ISO/IEC 17025:2017 dengan sistematika yang sama atau memiliki prosedur tersendiri untuk setiap klausul ISO/IEC 17025:2017.

Acara workshop tersebut juga diperkaya dengan materi validasi metode dan audit internal (teori dan praktek), kaji ulang manajemen, risk analysis, evaluasi ketidakpastian (uncertainty) dan kunjungan ke pameran Lab. Indonesia. Untuk materi risk analysis dan evaluasi ketidakpastian adalah hal baru pada ISO/IEC 17025:2017. Pada ISO/IEC 17025:2008 digunakan istilah estimasi ketidakpastian yang kemudian pada ISO/IEC 17025:2017 berubah menjadi evaluasi ketidakpastian yang mencerminkan peningkatan fungsi dari sebelumnya hanya estimasi menjadi evaluasi. Admin Balingtan