Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Menanamkan cinta pertanian sejak dini

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Admin Balingtan - Untuk kesekian kalinya, Balingtan menjadi destinasi bagi para pendidik untuk mengenalkan dan menanamkan kepedulian terhadap lingkungan pertanian kepada peserta didiknya. Kali ini giliran Sibi Yaumi Fatimah Kota Pati, Sibi Yaumi Fatimah Kecamatan Juwana, KB Manbaul Huda dan KB Jannatun Naim Kota Juwana yang datang bersama-sama. Total peserta didiknya adalah 120 anak dengan 19 guru pendamping.

Untuk memperkenalkan lingkungan pertanian secara nyata dan dunia penelitian lingkungan pertanian, para pendidik berharap Balingtan dapat mengenalkan fasilitas penelitian di Balingtan, di mulai dari gedung Laboratorium Terpadu Balingtan, Taman Sains Pertanian (TSP) dan Gedung Alsintan. Di laboratorium, anak-anak diajak mengenal apa itu laboratorium dan kegunaannya.  Selanjutnya, anak-anak diajak berkeliling Taman Sains Pertanian Balingtan. Sambil berkeliling, anak-anak diajarkan mengenal berbagai tanaman yang dibudidaya dan tumbuhan lainnya yang ada di Balingtan.

Di gedung Alsintan, anak-anak diajak melihat lebih dekat berbagai alat mesin pertanian seperti alat tanam gogorancah, alat tanam pindah, alat panen, alat penyiang gulma, dsb. Sebagai akhir kegiatan, anak-anak berinteraksi dengan ternak dengan memberi makan sapi dan bertanam cabai di polybag.

Melalui kunjungan ini, Balingtan berharap agar anak-anak mendapatkan pembelajaran yang tak terlupakan terutama tentang pertanian sehingga menumbuhkan rasa cinta mereka terhadap lingkungan pertanian. Kepada siapa lagi kita akan mengajarkan kecintaan terhadap lingkungan pertanian kalau tidak kepada generasi muda?? Dari mereka nantilah akan tumbuh generasi penerus yang mempunyai kepedulian terhadap lingkungan pertanian kita. (Admin Balingtan)