Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Mengenal Pertanian…SiapaTakut??

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
 
       

 Berita Balingtan - Berkumpul tamu-tamu kecil Balingtan dari SDIT Nurul Fikri, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati. Anak-anak yang masih duduk di bangku kelas satu tersebut berbaris rapi dengan 4 guru pendamping. Wajah mereka ceria dan antusias, karena jalan-jalan sembari memperoleh pengetahuan baru, yaitu ilmu pertanian di Balingtan. Belajar mengenal pertanian, dimulai dari kawasan surjan, di sana ada tumpang sari tanaman padi dan tanaman mangga. Kemudian melihat rumah kasa tempat Bapak/Ibu peneliti melakukan penelitian dan melihat sawah-sawah dengan tanaman padi berbaris berpasangan ….si jajar legowo …. Sesampainya di embung mereka sangat senang, beberapa anak berceloteh “Wahh…kolamnya sangat besar ya” dan menanyakan untuk apa kolam-kolam besar tersebut. Pendamping dari Balingtan memberikan penjelasan dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh anak-anak maupun guru pendamping dari SDIT Nurul Fikri.

Saat yang paling membuat anak-anak ini sangat senang adalah saat mereka sampai di kawasan integrasi tanaman dan ternak. Di sana mereka dapat berinteraksi secara langsung dengan ternak sapi. Mereka memberi makan sapi sambil tertawa dan bercanda dengan teman-teman. Dan beberapa pertanyaan spontan mereka ajukan kepada pendamping mengenai ternak sapi.

Kunjungan anak-anak SDIT Nurul Fikri ini diakhiri dengan melihat alat-alat pertanian  seperti hand tractor, alat tanam padi jarwo transplanter, combine harvester,dan lain sebagainya di gudang Alsintan (gudang alat-alat pertanian). Sambil beristirahat mereka duduk dan mengingat perjalanan yang telah dilakukan di Balingtan. Kegembiraan Kamis pagi itu semoga memberi ilmu yang bermanfaat bagi anak-anak, selain menambah ilmu juga menambah ketaqwaan terhadap Tuhan YME menyadari akan segala karuniaNya. (Admin Balingtan)