Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Destinasi Edukasi Lingkungan Bagi Anak Usia Dini

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Sudah tidak terhitung lagi berapa banyak anak-anak usia dini yang berwisata edukasi di Balingtan. Dari sekedar mengenal aneka tanaman dan hewan ternak hingga mempraktekan tanam tanaman pangan dan sayuran sudah mereka lakukan. Kali ini giliran Kelompok Bermain Maslakul Falah dari Desa Arumanis, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati. Pada hari Rabu, 9 Mei 2018, 35 anak dengan didampingi orang tua dan 4 guru pendamping ke Balingtan untuk mengenal lebih dekat lingkungan pertanian. Tujuannya adalah untuk menanamkan rasa cinta pertanian dan peduli terhadap lingkungan sekitar sejak usia dini sehingga menumbuhkan cinta pertanian pada anak-anak.

Pengenalan pertanian lebih dekat pada anak-anak dimulai dengan menunjukkan berbagai jenis tanaman semusim seperti padi; tanaman tahunan seperti mangga, sukun dan kelengkeng; serta berbagai alat-alat yang digunakan dalam bercocok tanam (traktor, alat tanam, alat panen dll). Selain itu juga ditumbuhkan kecintaan terhadap hewan dengan memberi makan pada ternak sapi.

Balingtan dengan Taman Sains Pertanian-nya merupakan suatu daya tarik bagi masyarakat untuk mendapatkan ilmu dan teknologi pertanian serta sebagai wahana edukasi lingkungan pertanian anak-anak usia dini. (Admin Balingtan)