Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Balingtan belajar tentang konservasi Sumberdaya Genetik

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

 Berita Balingtan - Sumberdaya genetik atau lazim di singkat SDG memegang peran penting dalam pembangunan pertanian. Keanekaragaman sumberdaya genetik seperti plasma nuftah yang tinggi di Indonesia patut kita syukuri, sehingga terbuka peluang dalam memanfaatkan sumber-sumber gen penting bagi program pemuliaan dan kemajuan bioteknologi terutama untuk ketersediaan bahan pangan yang meningkat seiring dengan peningkatan laju pertambahan penduduk. Dukungan kelestarian lingkungan pertanian dapat melestarikan keberadaan sumber-sumber gen. Dampak lingkungan dan maraknya penggunaan varietas unggul baru tanpa diimbangi upaya konservasi varietas lokal dapat mempercepat terjadinya erosi genetik plasma nuftah tersebut.  

Di sela-sela kunjungannya di Balingtan, Ir. Mastur, M.Si., PhD (Kepala BB Biogen) mensosialisasikan konservasi dan pemanfaatan sumber daya genetik berkelanjutan kepada para peneliti. Beliau berharap terdapat sinergi penelitian sumberdaya genetik dengan penelitian di bidang lingkungan pertanian, misal potensi sumber gen tanaman untuk menghasilkan varietas baru yang ramah lingkungan a.l. rendah emisi gas rumah kaca, mengikat bahan kontaminan, dan efisien menyerap hara tertentu. Bapak Ka BB Biogen juga menjelaskan bahwa beberapa gen telah diisolisasi di bank gen sehingga apabila peneliti membutuhkan dapat memanfaatkan materi gen tersebut. Lanjutnya lagi ada peluang kerjasama dengan BB Biogen untuk menghasilkan varietas baru yang mempunyai spesifikasi tertentu. Tentu saja hal ini disambut baik oleh semua peneliti Balingtan.

Di akhir kunjungan Bapak Ka BB Biogen berpesan agar menghubungi beliau jika memerlukan diskusi lebih lanjut. Dan beliau juga berharap akan adanya suatu kerjasama penelitian suatu hari nanti. Semoga perbaikan sifat-sifat berbagai varietas tanaman dapat meningkatkan kualitas dan hasil pertanian  . JAYALAH PERTANIAN INDONESIA!!!. (Admin Balingtan)