Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Lahan Sehat Menghasilkan Bangsa yang Hebat

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Bumi, Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan), di bawah Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) melakukan aksi nyata dengan mengadakan kegiatan Aksi Peduli Lingkungan Pertanian dengan tema “lahan sehat, bangsa hebat” yang bertempat di Balingtan, Pati, Jawa Tengah.

Rangkaian dari kegiatan aksi ini terbagi menjadi 5 aksi yaitu bimbingan teknis teknologi balingtan, gelar teknologi, bazar, inovasi teknologi pertanian ramah lingkungan, dan lomba mewarnai. Peserta yang terlibat dalam aksi ini yaitu peneliti lingkup BPTP Balingtan se-Indonesia, praktisi, stakeholder terkait, kelompok tani, LSM, pelajar TK dan SMA, serta masyarakat umum.

“Tanah sehat akan menghasilkan tanaman yang sehat, yang sudah pasti akan menghasilkan pangan yang sehat pula,” ujar Prof. Dedi Nursyamsi sebagai Kepala BBSDLP, Senin (02/07/2018).

Kesehatan manusia saat ini sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Manusia yang mengkonsumsi pangan sehat tentu akan mempunyai kesehatan yang prima dan melahirkan bangsa yang cerdas yang memiliki banyak ide atau gagasan brilian. Dengan begitu maka tanah sehat pasti akan menghasilkan bangsa hebat.

“Lahan sehat petani kuat, peternak kuat bangun masyarakat hebat”, ungkap Saiful Arifin sebagai Wakil Bupati Pati, Jawa Tengah. Mengajak masyarakat pati untuk bertani dan berternak dalam menciptakan produk pertanian ramah lingkungan. “Perang kedepan adalah perang pangan, klu mempunyai pertanian yang baik tentunya akan menang perang,” katanya dalam keterangan tertulisnya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai pengenalan produk-produk pertanian ramah lingkungan yang dihasilkan oleh Balingtan, Launching teknologi Unggul Balingtan, alih teknologi pertanian ramah lingkungan, dan memasifkan penyebaran inovasi teknologi ramah lingkungan dalam mendukung optimalisasi produktifitas pertanian. (admin balingtan)