Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Percepatan Luas Tambah Tanam di Jawa Tengah

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

  Berita Balingtan - Rapat koordinasi ini sebagai solusi percepatan luas tambah tanam (LTT) dengan harapan untuk meningkatkan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) pada komersil gabah serta dapat menyerap hasil panen petani untuk menambah cadangan beras Nasional. Selain itu, juga membahas pendampingan personel TNI AD di Jateng dalam mendukung program Upaya Khusus (UPSUS) untuk meningkatkan produksi padi, jagung, dan kedelai (Pajale).

Menurut keputusan Menteri Pertanian Nomor 1243/Kpts/OT.050/8/2018 tentang kelompok kerja upaya khusus (UPSUS) peningkatan produksi padi, jagung, dan kedelai melalui program perbaikan jaringan irigasi dan sarana pendukungnya. Balingtan mendapatkan tugas sebagai penanggungjawab UPSUS wilayah Jepara dan Pati, Jawa Tengah.

Tujuan UPSUS mencapai target LTT dan melakukan percepatan capaian target Pajale. Permasalahn di bulan agustus adalah air. Arahan Bapak Suwandi Dirjen Hortikultura adalah agar waduk bisa mengalirkan air maka harus koordinasi dengan Komandan Distrik Militer (Dandim) untuk ketersediaan air. Yang diharapkan kreatifitas masalah air adalah membuat sumur dangkal, sistem tanaman sebagai pemanfaatan lahan-lahan yang belum berfungsi seperti galengan sawah, tanah lereng, kuburan, dll, inovasi sumur pompa menggunakan listrik lebih irit daripada solar, dan pemanfaatan sodetan. “Bila tanah masih bacek atau basah digunakan dengan sistem padi gogo,” Ujarnya. (Admin Balingtan)