Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Peneliti Badan Litbang Pertanian Belajar Pestisida Nabati di Queensland University

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
 
   

 Berita Balingtan - Peneliti Badan Litbang Pertanian mendapat kesempatan untuk mengunjungi School of Agriculture and Food Sciences, Queensland University, Australia selama sepekan dari tanggal 6-10 Agustus 2018. Kegiatan ini undangan khusus bagi peneliti Badan Litbang Pertanian dengan peserta 3 orang. Special Short Training tersebut diprakarsai oleh Balingtan dalam upaya pengembangan pestisida nabati (Pesnab) dalam mendukung implementasi sistim pertanian ramah lingkungan. Balingtan bertekad untuk mengangkat pestisida ramah lingkungan sebagai salah satu teknologi yang dapat berperan dalam mendukung ketahanan dan keamanan pangan.

 Dari tiga peneliti Badan Litbang yang diundang dua diantaranya peneliti Balingtan yaitu Asep Kurnia SP, M.Eng. dan Dr. Elisabeth Srihayu Harsanti, dan satu lainnya peneliti dari BPTP Sumatera Utara Dr. Evawati Sri Ulina. Ketiganya mempunyai basic science program studi entomologi Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan (HPT) saat studi S1. Beberapa agenda kunjungan hari pertama-kedua antara lain “Induction Session” tentang keselamatan kerja di lingkungan kampus maupun laboratorium yang dijelaskan oleh Mr. John Swift, Laboratory work Place Induction oleh Mr. Lachlan Fowler sebagai Technical Officer, Pengantar tentang pesnab oleh Prof. Errol Hassan Ph.D dan kunjungan  Analytical Laboratory dan pengantar penggunaan alat dan perlengkapan ekstraksi dan purifikasi oleh Ms. Katherine Raymont.  Pada kesempatan tersebut juga dilakukan persiapan material daun mimba dan kayu putih dengan melakukan grinding. Hari ketiga dan keempat akan dilakukan praktek ekstraksi bahan pestisida nabati dan pengujian bahan tersebut dengan serangga hama. Pada hari terakhir akan dilakukan diskusi dengan Prof. Errol Hassan terkait data dan hasil uji. Selain itu peneliti Balingtan Asep Kurnia, SP., M.Eng dan tim akan diberikan kesempatan untuk melakukan presentasi tentang  State of the Art of IAERI Research. Presentasi tersebut merupakan upaya penjajagan kerjasama riset terkait pestisida nabati ke depan.

 “Short training ini bagus, kalian bisa membawa pengalaman ini untuk kalian tularkan dan implementasikan ke tempatmu” tutur Prof Errol dalam kuliah pengantarnya. Kegiatan Special short training tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan Workshop dan Seminar Internasional yang bertema Inovasi Pestisida Ramah Lingkungan untuk mendukung Swasembada Pangan yang telah terselenggara 6-7 September 2017. Pada kesempatan tersebut, Badan Litbang Pertanian telah mengundang Prof. Errol Hassan, Ph.D sebagai salah satu narasumber bidang botanical pesticide. “Meskipun hanya sepekan, pengalaman ini sangat berharga bagi saya, banyak hal baru yang diperoleh. Hal sederhana tapi menjadi bernilai karena semua dilakukan dengan dasar ilmu kuat dan SOP yang tertib” kilah Harsanti salah satu peserta training Badan Litbang Pertanian. "Yang dapat kita ambil pelajaran salah satu hal yang penting dalam pengelolaan laboratorium adalah bagaimana melengkapi sarana keamanan laboratorium dan mensosialisasikannya kepada pengguna dan pengunjung laboratorium", demikian pendapat yang dikemukakan oleh Asep Kurnia sebagai salah satu peserta training. (Admin Balingtan)