Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Balingtan berpartisipasi di HPS XXXVIII Blora

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Penyelenggaraan peringatan hari pangan sedunia (HPS) di Indonesia dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat pusat sampai daerah. Peringatan HPS ini dijadikan momentum yang penting dan strategis guna terus mendorong dan menggerakkan segenap pemangku kepentingan untuk melakukan berbagai upaya secara bersama-sama dalam mendukung pembangunan pertanian dan ketahanan pangan demi terwujudnya kedaulatan pangan nasional. Hari pangan sedunia diinisiasi sebagai bentuk perhatian bahwa semakin rawannya krisis pangan di dunia telah diingatkan oleh FAO (Food and Agriculture Organization) sejak diselenggarakan konferensi pangan sedunia di Roma tahun 1974.

Peringatan hari pangan sedunia ke-38 di Provinsi Jawa Tengah bertemakan “Pengembangan Pangan Lokal Mendukung Kedaulatan Pangan” diselenggarakan di Kabupaten Blora tanggal 25 – 28 Oktober 2018. Bertempat di alun-alun kota Blora, berbagai kegiatan diselenggarakan untuk memeriahkan HPS tersebut, diantaranya lomba mengukir buah, merangkai umbi-umbian, lomba mewarnai anak-anak dan pameran pangan. Stand pameran berjajar sepanjang Jalan Pemuda, Kota Blora yang menampilkan produk-produk khas daerah se Jawa Tengah baik berupa makanan segar, makanan olahan maupun souvenir.

Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) pun tidak ketinggalan berpartisipasi dalam HPS 2018 dengan menampilkan produk dan teknologinya seperti pupuk organik, biopestisida, pestisida nabati, berbagai leaflet teknologi yang dihasilkan. Selain itu juga menampilkan produk pasca panen berupa brownis jagung dan nugget pisang sebagai bentuk diversifikasi pangan. (Admin Balingtan)