Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Mini Fieldtrip, Konsep Edukasi Pertanian Ramah Lingkungan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

 Berita Balingtan - SMA Kristen Tritunggal Semarang melakukan kunjungan ke Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan). Kegiatan yang dimulai pada pukul 10.00 WIB hingga 11.30 WIB berjalan lancar dan didukung antusiasme siswa-siswi yang cukup tinggi ,.

Kunjungan yang dilakukan SMA Kristen Tritunggal Semarang dengan membawa ratusan siswa gabungan IPA dan IPS beserta guru pendamping ini, dalam rangka melakukan kegiatan yang biasa disebut mini field trip.  

“Tujuan kami Balingtan ini adalah salah satu praktek dari sebuah program pembelajaran di luar kelas” pungkas Wakil Kepala SMA Kristen Tritunggal Yunus Sony saat menyampaikan sambutannya. Sejalan dengan apa yang disampaikan Wakil Kepala Sekolah, siswa-siswi pun menyebut kunjungan ini sebagai mini field trip siswa IPA untuk mata pelajaran Biologi dan Kimia, serta IPS untuk pelajaran Geografi.

Bertempat di Auditorium Balingtan, peserta cukup antusias menerima materi sekilas tentang Balingtan yang disampaikan oleh salah satu peneliti Balingtan, Ina Zulaikhah. Tak lupa sesi tanya jawab pun dibuka usai penyampaian materi. Selesai diskusi dan tanya jawab antara beberapa siswa dengan pemateri, kegiatan dilanjutkan dengan membawa siswa-siswi beserta pendamping berkeliling Balingtan. Sembari berkeliling siswa-siswi juga mendapat ulasan singkat mengenai teknologi dan hasil penelitian Balingtan.

Para siswa diajak berkeliling Balingtan dimulai dari Laboratorium Terpadu, Lysimeter, hingga SITT (Sistem Integrasi Tanaman dan Ternak) Balingtan. Antusiasme serta tanggapan positif pun tampak dari siswa-siswi XI SMA Kristen Tritunggal Semarang ini. “Bagus sekali sih, tempatnya  rapi dan sangat edukatif, kedepannya lebih dikembangin saja biar lebih bagus lagi.” ujar salah seorang siswa SMA Kristen Tritunggal Semarang. (Admin Balingtan)