Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Membangkitkan Ide dan Meningkatkan Performa Tim KP Balingtan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Tim Kebun Percobaan (KP) Balingtan mengadakan studi banding ke Agrowisata Amanah di Karanganyar, Jawa Tengah. Tujuan dari studi wisata tersebut adalah untuk membangkitkan ide bagi tim KP Balingtan dalam meningkatkan performa KP dan Taman Sains Pertanian (TSP) Balingtan. Rombongan tim KP Balingtan disambut oleh Ibu Elly dan diberikan penjelasan mengenai sejarah terbentuknya dan profil Agrowisata Amanah.

Selanjutnya rombongan diajak untuk mengelilingi lokasi agrowisata. Lokasi pertama adalah lokasi pembuatan kompos. Kompos yang dibuat berasal dari sampah daun, sisa makanan seperti sayuran dan buah-buahan, serta kotoran hewan. Proses pembuatannya sama seperti kompos pada umumnya, sedikit yang membedakan adalah  penggunaan starter MOL yang dibuat sendiri dari sisa minuman dan buah-buahan.

Lokasi kedua adalah lokasi budidaya ikan yang terdiri dari beberapa kolam seperti kolam induk betina, kolam pembesaran ikan, dan kolam stok konsumsi. Spesies ikan yang dibudidayakan adalah ikan tombro dan ikan nila. Ikan-ikan yang dibudidaya tersebut sebagian digunakan untuk konsumsi dan sebagian untuk indukan.

Tempat pembuatan pakan ikan merupakan lokasi ketiga yang dikunjungi. Lokasi ini terintegrasi dengan kolam ikan. Pakan ikan yang dibuat berasal dari sisa-sisa makanan restoran terutama tulang ikan. Proses pembuatan pakan ikan diawali dengan pengumpulan sisa makanan, penggilingan, fermenasi, dan penambahan bahan lainnya seperti roti sisa, bekatul, atau dedak, kemudian pencetakan dan penjemuran.

Lokasi keempat yang dikunjungi adalah greenhouse yang berisi tanaman hidroponik dan buah melon yang pengairannya menggunakan sprinkler dengan sistem timer. Tanaman melon disiram 6 kali sehari untuk memenuhi kebutuhan airnya. Tidak jauh dari greenhouse merupakan lokasi kelima yaitu tempat pembuatan MOL yang berasal dari sisa minuman yang mengandung gula. Sebagai awal sisa minuman ditambahkan EM4 agar dapat menjadi MOL. Untuk selanjutnya MOL yang telah jadi digunakan kembali sebagai starter sehingga MOL dapat menggantikan EM4. MOL yang telah jadi digunakan untuk campuran pembuatan kompos. Lokasi terakhir yaitu lokasi ternak seperti sapi, kelinci dan kambing.

Secara keseluruhan di lokasi Agrowisata Amanah menerapkan sistem zero waste yaitu memanfaatkan semua limbah untuk produk baru yang bermanfaat seperti pakan ikan dan pupuk organik. Dari kegiatan tersebut staf Kebun Percobaan Balingtan dapat menambah wawasan yang bisa diterapkan di Kebun Percobaan Balingtan. (Admin Balingtan)