Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Wisata Edukatif Balingtan Sebagai Wujud Pembelajaran Saintifik Sejak Dini

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) Pati telah menerima kunjungan dari TK Pertiwi 01 Pati pada Rabu, (07/11). Kegiatan yang berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB tersebut disertai antusiasme tinggi dari 135 murid dan wali murid yang turut berpartisipasi dalam kegiatan.

Kunjungan bertema “Wisata Inovatif” tersebut dilatar belakangi oleh program Kurikulum 2013 yang mengacu pada pembelajaran saintifik. Sehingga diharapkan pembelajaran yang disampaikan kepada anak-anak tidak terbatas pada pembelajaran visual. “Pendekatan saintifik itu kan anak lebih terolah dari sikap, keterampilan, maupun kognitifnya. Dengan demikian kalau anak pembelajarannya secara langsung, anak akan lebih jelas, lebih memahami, sehingga sesuai dengan tujuan saintifik itu sendiri.  Anak juga akan lebih terbuka pikirannya”, Kepala TK Pertiwi 01 Pati, Anis Kisworo menuturkan.

Pemilihan Balingtan sebagai lokasi kunjungan oleh pihak sekolah bukan tanpa alasan. Anis mengungkapkan jika kondisi kurikulum TK Pertiwi 01 Pati pada bulan November memiliki tema tanaman, sejalan dengan konsep Balingtan yang juga menawarkan Wisata Edukatif. “Adanya Balingtan membuat kami sangat tertolong untuk tema tanaman yang kita laksanakan hari ini. Apalagi untuk anak-anak usia dini seperti ini” ujar Anis.

Didampingi masing-masing wali muridnya, anak-anak tampak bersemangat mengikuti setiap arahan dari pemandu yang juga merupakan salah satu peneliti Balingtan, Ika Ferry Yunianti. Kegiatan dimulai dengan briefing pelaksanaan kegiatan oleh pihak Balingtan, dilanjutkan dengan berkeliling kandang sapi sembari menerima penjelasan dari petugas Balingtan seputar ternak sapi, hingga memberi makan ternak sapi. Anak-anak juga diberi kesempatan untuk menerima materi dan melakukan penanaman bibit tanaman cabai. Tak hanya itu, Balingtan juga mempersilakan anak-anak beserta wali muridnya untuk memetik buah mangga di kebun milik Balingtan.

Tampak pula antusiasme dan tanggapan positif para wali murid mendampingi anak-anak sepanjang kegiatan kunjungan berlangsung. “Ya anak-anak punya pengalaman baru, mulai dari memberi makan sapi, melihat tanaman-tanaman, petik-petik mangga. Jadi wawasannya bertambah”, pungkas salah seorang wali murid TK 01 Pertiwi Pati, Risna. (Admin Balingtan)