Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Wisata Edukasi tentang Cara Bertanam yang Baik

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - SD Muhammadiyah Margomulyo Tayu baru saja melaksanakan kegiatan Wisata Edukasi dengan melakukan kunjungan ke Balai Penelitian Lingkungan Pertanian pada Kamis, (09/11). Diikuti 70 siswa, 8 guru pendamping serta beberapa wali murid, kegiatan rutin tiap semester tersebut dikemas secara menyenangkan oleh Balingtan.

Wisata Edukasi yang dilakukan oleh SD Muhammadiyah Margomulyo ini merupakan salah satu wujud pengenalan lingkungan terhadap para peserta didiknya. “Kami kan ada gardening di sekolah jadi ini rencananya mau mengenalkan secara langsung, bagaimana proses berkebun itu seperti apa”, ujar salah seorang Guru SD Muhammadiyah Margomulyo, Hana Lisvanti.

Sama seperti kunjungan pada umumnya, pihak Balingtan mengawali kunjungan dengan mengajak seluruh murid, guru, dan para wali murid untuk berkeliling area Balingtan. Dalam hal ini, Balingtan juga memberikan materi dan penjelasan yang mengasyikkan seputar tanaman maupun teknologi di Balingtan, sehingga dapat dengan mudah diterima oleh para siswa. Para siswa pun begitu bersemangat menerima penjelasan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana seputar tanaman dengan dipandu oleh salah satu peneliti Balingtan, Ria Fauriah.

Puas berkeliling area Balingtan, anak-anak dibawa ke kebun Sistem Integrasi Tanaman dan Ternak (SITT) guna mengikuti kegiatan inti, yakni praktik cara menanam sayuran cabai. Pada sesi ini anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mempraktikkan setiap langkah dalam penanaman bibit cabai. Anak-anak pun tampak begitu seksama memerhatikan urutan langkah menanam bibit cabai sekaligus mempraktikkannya dengan dibantu beberapa peneliti Balingtan yang lain.

Tanggapan positif dari kegiatan ini pun tak hanya didapatkan dari para murid, tetapi juga para wali murid yang ikut serta dalam kegiatan. “Anak-anak ini pada senang, acara ini juga menjadi penyegaran untuk anak-anak, soalnya bosan kalau di kelas terus”, pungkas salah seorang wali murid SD Muhammadiyah Margomulyo Tayu.

Dari kegiatan ini pula, Bu Hana berharap peserta didiknya menjadi lebih tau tentang cara bertanam yang baik. “Saya juga berharap dari sini bisa memberikan bekal kepada mereka. Artinya pengetahuan secara lebih tentang cara berkebun bisa secara langsung mereka dapatkan” Bu Hana menuturkan. (Admin Balingtan)