Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Apresiasi Banyak Kalangan, Wawasan Konsep Pertanian Ramah Lingkungan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Admin Balingtan - Mahasiswa Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Tidar Magelang telah melaksanakan kunjungan ke Balai Penelitian Lingkungan Pertanian pada Kamis (8/11). Diikuti 90 orang mahasiswa, kunjungan lapang tersebut diawali dengan penyambutan pihak Balingtan di Auditorium Balingtan.

Kegiatan terlebih dahulu dibuka dengan sambutan dari Kepala Balingtan Mas Teddy Sutriadi sekaligus penyerahan MOU dari pihak Universitas Tidar Magelang. “Dengan adanya MOU ini diharapkan nantinya kerja sama antara Balingtan dengan pihak universitas menjadi lebih mudah, kalau ada mahasiswa Untidar yang akan magang atau penelitian di sini lebih mudah” ujar Teddy saat usai serah terima MOU.

Usai acara penyambutan kunjungan lapang dalam rangka pelaksanaan Praktikum Mata Kuliah Pengantar Ilmu Pertanian tersebut, para mahasiswa dibagi menjadi 3 kelompok dengan 3 pemandu berbeda dari Balingtan untuk kemudian diajak berkeliling Balingtan. Mahasiswa semester 1 tersebut diajak ke Laboratorium Terpadu, Rumah Kasa, Lysimeter, Taman Fito, Gedung Pascapanen, Laboratorium Gas Rumah Kaca, hingga SITT untuk melihat praktik pembuatan Biokompos dan Biopestisida. Para mahasiswa begitu antusias dan seksama memerhatikan setiap arahan dan pemaparan dari peneliti Balingtan yang bertugas menjadi pemandu.

Para Asisten Dosen yang turut serta dalam kunjungan lapang kali ini juga tak kalah bersemangat mendampingi mahasiswanya dan berharap relasi antara Balingtan dan Untidar akan selalu terjalin. “Harapannya nanti di sini tidak hanya praktikum, tapi mereka ke depannya bisa punya channel untuk menunjang perkuliahan mereka, referensi magang atau penelitian bisa di sini” ujar Asisten Dosen Mata Kuliah Pengantar Ilmu Pertanian Agroteknologi Untidar, Luksfi.

Tak hanya itu tanggapan positif pun didapat dari para mahasiswa yang merasa terbantu dengan adanya kunjungan ke Balingtan. “Balingtan sudah bagus, fasilitas sudah lengkap juga, sayangnya kita datang pas musim kemarau jadi banyak tanaman yang kering. Selebihnya Balingtan sudah memadai fasilitasnya” pungkas salah seorang Mahasiswi Agtroteknologi Fakultas Pertanian Untidar, Lala. (Admin Balingtan)