Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Rintis Adiwiyata dengan Mengenal Pertanian dan Lingkungan Hidup

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - SMP N 1 Jaken, Pati baru saja menyelesaikan Kunjungan Belajar Pertanian dan Lingkungan Hidup ke Balingtan pada, Kamis (15/11). Kegiatan ini diikuti oleh 20 siswa-siswi kelas VII dan VIII yang didaulat sebagai Duta Adiwiyata SMP N 1 Jaken.

Tujuan utama dari kunjungan ini adalah sebagai upaya menambah pengetahuan dan ketrampilan siswa-siswi SMP N 1 Jaken dalam bidang pertanian dan lingkungan hidup. Hal ini sejalan dengan program SMP N 1 Jaken yang tengah merintis program Sekolah Adiwiyata. “Kita ke sini sebenarnya juga ingin memulai program adiwiyata yang sempat terhenti, jadi kita mau mulai kembali. Kita mengadakan latihan lanjutan yang berguna untuk menambah pengetahuan atau ilmu siswa-sisiwi,” ujar salah satu Guru Pendamping kegiatan kunjungan, Ekandari Harjanti.

Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan pemaparan materi seputar Balingtan dan berbagai penelitian maupun teknologi Balingtan di Gedung Peneliti Lantai 2 milik Balingtan. Tak hanya pemaran yang disampaikan salah satu anggota Tim Diseminasi Balingtan Hesti Yulianingrum, dalam sesi ini juga berlangsung diskusi dan tanya jawab.

Usai pemaparan dan tanya jawab, siswa-siswi dan para guru pun diajak berkeliling area Balingtan oleh beberapa personel dari Balingtan. Peserta kunjungan dibawa ke Surjan, Rumah Kasa, Taman Fito, Lysimeter, Embung, Kebun Buah Naga, hingga SITT. Tak hanya itu, dalam kunjungan ini para siswa pun diajarkan bagaimana pembuatan biokompos serta pestisida nabati.

Para peserta pun tampak antusias dan tanpa ragu melontarkan pertanyaan seputar apa saja yang ada di Balingtan. Mereka mengaku menjadi lebih mengenal tanaman yang jarang mereka temui dan beberapa hasil penelitian Balingtan yang tidak mereka ketahui sebelumnya. “Senang bisa ke Balingtan, di sini bisa menambah pengalaman, mendapatkan ilmu baru dan tentu saja wawasan baru,” pungkas salah seorang siswi kelas VIII SMP N 1 Jaken, Vera.

Dengan adanya kunjungan dengan membawa siswa yang tergabung sebagai Duta Adiwiyata, Ekandari berharap siswa-siswi ini mampu menyebarkan informasi dan ilmu apa saja yang didapatkan dari Balingtan kepada murid-murid yang lain. Program Sekolah Adiwiyata yang mulai dirintis bulan November ini pun beliau harapkan berjalan dengan baik ke depannya. (Admin Balingtan)