Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Tim Diseminasi Balingtan Menimba Ilmu Ke Tegal

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Meningkatkan performa dan kinerja tim diseminasi Balingtan diperlukan untuk perbaikan kinerja taman sains pertanian Balai Penelitian Lingkungan Pertanian. Untuk itu perlu melihat tempat lain sebagai pembanding dan mencari ide baru untuk memperbaiki sistem kerja dan manajemen tim diseminasi Balingtan. Selain memperbaiki tampilan juga berbagi pengalaman dalam menerima tamu dan mengelola sumberdaya manusia yang ada Oleh karena itu dilakukan study banding di lokasi Taman Teknologi Pertanian Lebaksiu Tegal Jawa Tengah.

Taman Teknologi Pertanian (TTP) Lebaksiu mendapat predikat no 1 TTP dan TSP se-Indonesia. Lokasi seluas 4,5 hektar ditata menjadi area edukasi pertanian bagi anak-anak dan masyarakat yang berkunjung. Area tersebut dibagi menjadi 4 yaitu: (1) area diseminasi TTP, area ini digunakan untuk memperkenalkan teknologi pertanian Balitbangtan seperti jajar legowo, alsintan, pemupukan berimbang; (2) area paska panen, di sini diperuntukkan mengolah hasil panen disawah. Yang dihasilkan antara lain egg roll jagung, es krim jagung, es krim buah naga, minuman cepat saji dari empon-empon; (3) area peternakan, di area ini terdapat sapi, kambing dan kerbau sebagai sarana edukasi dan ekonomi rakyat; (4) area edukasi, di lokasi ini digunakan untuk belajar mengenai pertanian seperti menanam bibit sayuran, memandikan kerbau, memberi makan sapi dan kambing.

Jagung merupakan hasil yang menjadi unggulan di TTP Lebaksiu. Jagung yang ditanam dari Balitbangtan varietas Bima, kemudian varietas Pioneer dan BISI. Dari varietas yang ada varietas jagung dari perusahaan benih swasta yang lebih diminati petani.

Jagung yang dapat digunakan untuk olahan makanan (dibuat tepung) adalah jagung lokal, sedangkan untuk bahan es krim jagung manis. Olahan makanan yang terbuat dari tepung jagung yang menjadi unggulan adalah egg roll jagung. Sedangkan peroduk lain yang diunggulkan adalah minuman instant dari empon-empon seperti kunir putih, temulawak, jahe emprit, dan lain-lain. Makanan ini dibuat oleh KWT yang sudah menjadi tenant TTP Lebaksiu.

Sumberdaya manusia yang mengelola TTP ini adalah PPL sejumlah 3 orang dan tenaga kebersihan 3 orang. Sehingga bila di saat ramai pengunjung meminta bantuan dari PPL lain dan event organizer. Kerjasama dengan segala pihak dan dukungan dari pemda Tegal membuat TTP ini cepat terkenal dan maju. (Admin Balingtan)