Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Pembelajaran Saintifik dan Kontekstual dengan Wisata Edukasi

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Aktivitas di luar lingkungan kelas kadang kala perlu dilakukan guna meningkatkan antusiasme anak-anak dalam belajar. Hal inilah yang coba dilakukan SD N Bumirejo, Juwana, Pati bersama murid-muridnya dengan melakukan kunjungan ke Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) pada Rabu, (21/11).

Mengambil konsep “Wisata Edukasi”, 30 siswa-siswi kelas V dan VI SD N Bumirejo didampingi 4 guru pendamping tampak bersemangat mengikuti setiap rangkaian acara. “Wisata edukasi ini untuk kurikulum 2013 tentang  pembelajaran saintifik dan konstektual, dengan mengajak anak  untuk melakukan pengamataan lansung sekaligus untuk refreshing anak-anak,” ujar salah seorang Guru SD N Bumirejo, Hartatik yang berkesempatan mendampingi kunjungan.

Berlangsung pada pukul 09.00-11.00 WIB, anak-anak didampingi pihak Balingtan berkeliling area Balingtan untuk mengetahui berbagai jenis tanaman serta teknologi Balingtan. Mereka juga diajak untuk mengenal hewan-hewan ternak terdapat di Sistem Integrasi Tanaman dan Ternak (SITT) milik Balingtan.

Serangkaian kegiatan kunjungan di Balingtan tersebut menurut para guru SD N Bumirejo membuat Balingtan cukup representatif mewakili pembelajaran mereka. “Balingtan cukup mengesankan dan representatif untuk lingkungan dan dapat di pelajari di mapel IPA. Selain itu, siswa juga dapat membuat laporan tentang pengamatan ekosistem buatan yang ada di Balingtan,” pungkas Hartatik.

Kegiatan “Wisata Edukasi” di Balingtan, diharapkan mampu meningkatkan antusiasme anak-anak dalam belajar. Selain itu, selaku guru Hartatik juga berharap kegiatan sejenis ini efektif untuk mengurangi kejenuhan yang dirasakan anak-anak di sekolah. (Admin Balingtan)