Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Musim Hujan Tiba, Percepat Bantuan Benih Padi

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Pentingnya optimalisasi LTT (Luas Tambah Tanam) untuk mempertahankan swasembada beras terutama pada saat musim penghujan yang diprediksi akan mulai pada November minggu IV 2018 di Kabupaten Jepara. Upaya percepatan LTT harus dilakukan lintas stakeholder disertai dengan pembaharuan basis data pertanian dan kesiapan benih, Selasa (27/11).

Adapun syarat penetapan penerima bantuan pemerintah berupa benih yaitu Calon Penerima Bantuan Pemerintah diseleksi dan ditetapkan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) melalui Surat Keputusan penerima Bantuan Pemerintah dan disahkan oleh KPA sebagai dasar untuk pemberian bantuan, Kriteria Calon Penerima Calon Lokasi (CPCL) diatur lebih lanjut dalam Petunjuk Teknis Pengembangan Perbenihan Tahun 2018, Surat Keputusan Penerima bantuan memuat dalam bentuk uang yang disalurkan melalui mekanisme transfer.

Diharapkan menjadi stimulan bagi petani untuk percepatan LTT yang diprediksi akan mencapai puncaknya pada Bulan November – Desember 2018. Target LTT Kabupaten Jepara saat ini telah terealisasi padi 945  ha, jagung 23 ha, dan kedelai 10 ha pada Bulan Oktober – November 2018.

"Petani di daerah Donorejo seluas 213 ha sudah mulai mengolah tanah menghadapi datangnya musim hujan dan kami mengupayakan mempercepat bantuan benih," ujar Rokhim selaku Kasie Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Jepara.

Target LTT perlu disikapi dengan bijak sesuai dengan realita di Lapangan. Selain itu optimalisasi potensi lahan sawah irigasi, sawah tadah hujan maupun lahan kering. (Admin Balingtan)