Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Meningkatkan Kemampuan Mengolah Hasil Produksi Pertanian

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Tim Pasca Panen Balingtan mengunjungi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian  Jawa Timur (BPTP) yang bertempat di Malang untuk melakukan pelatihan pasca panen pada tanggal 27 dan 28 November 2018. Pelatihan ini dapat diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mengolah bahan-bahan atau hasil produksi pertanian yang lebih bervariasi sehingga memiliki harga jual yang lebih tinggi. Tim pasca panen Balingtan disambut oleh ibu Rini dan diberi penjelasan mengenai laboratorium pasca panen di BPTP Jatim.

Dalam pelatihan tersebut tim pasca panen balingtan dilatih untuk membuat cireng, ice cream buah beet, bakpia pathuk, kue carang mas, yoghurt, dan pie susu. Produk yang pertama dibuat adalah cireng yang dibuat menggunakan daging sapi. Daging sapi yang digunakan dapat diganti dengan menggunakan ikan atau bahan lain yang tersedia.

Produk kedua yang dibuat adalah ice cream buah beet. Buah beet dapat diganti dengan buah, bahan yang tersedia atau sesuai dengan selera seperti jagung, mangga, dan buah naga. Ice cream ini berasal dari buah-buahan sehingga sehat untuk dikonsumsi. Produk ketiga adalah bakpia pathuk sebagai olahan dari kacang kedelai.

Produk selanjutnya adalah kue carang mas. Kue carang mas yang dibuat menggunakan bahan ubi cilembu. Namun bahan ini dapat diganti dengan talas, singkong, atau ubi jalar. Proses pembuatan kue carang mas sangat sederhana, hanya menggunakan ubi cilembu, gula pasir, garam, dan gula jawa.

Produk kelima yaitu yoghurt. Proses pembuatan yoghurt harus dilakukan dilokasi yang steril sehingga tidak terjadi kontaminasi. Produk terakhir yang dibuat adalah pie susu. Pie susu ini menggunakan tepung terigu yang mengandung protein 15 %. Tepung ini dapat diganti dengan tepung jagung.

Secara keseluruhan dalam pelatihan ini menggunakan bahan yang berada disekitar kita, sehingga mudah didapat. Dari kegiatan tersebut tim Pasca Panen Balingtan dapat menambah wawasan yang bisa diterapkan di Pasca Panen Balingtan. (Admin Balingtan)