Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Meningkatkan Antusias Petani Dalam Budidaya Tanaman Kacang Tanah Di Lahan Tadah Hujan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Sejumlah 26 peserta yang merupakan perwakilan dari enam Gabungan Kelompok Tani  (Gapoktan) wilayah Kecamatan Jaken mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sosialisasi Budidaya Kacang Tanah Ramah Lingkungan di Lahan Tadah Hujan pada Kamis (29/11). Bertempat di aula Kebun Percobaan Balingtan, acara Bimtek dan sosialisasi ini merupakan wujud kerjasama antara Balai Penelitian Lingkungan Pertanian dengan PT Garudafood Putra Putri Jaya.

Acara dibuka pukul 09.00 WIB oleh Kasubbag TU Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan), Sudarto, SE. Selanjutnya, peserta mendapatkan materi dari Abdullah Hadiansyah yang juga merupakan Head of Farming Division mengenai Sosialisasi Program Kemitraan dan Peluang Bisnis Kacang Tanah di Lahan Tadah Hujan. Peserta juga mendapatkan materi Budidaya Kacang Tanah Ramah Lingkungan yang diberikan oleh Edi Supraptomo, SST, kepala Kebun Percobaan (KP) Balingtan.

Antusias dan semangat peserta Bimtek dan sosialisasi sangat tinggi dalam menyimak materi. Beberapa perwakilan peserta memberikan feedback dengan bertanya mengenai hal yang kurang dimengerti. Sudarsono, peserta dari Gapoktan Sumberarum sempat menanyakan perihal kemitraan petani dan perusahaan dalam meningkatkan pendapatan petani.

Selain mendapat materi di dalam ruangan, peserta juga melakukan kunjungan lapangan untuk mengetahui budidaya kacang tanah ramah lingkungan di lahan percobaan milik Balingtan.

Kegiatan Bimtek dan Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan antusias petani untuk melakukan budidaya tanaman kacang tanah di lahan tadah hujan. Selain itu Sudarto, SE dan Abdullah Hadiansyah berharap dengan meningkatnya antusias petani dalam menanam kacang tanah dapat menjadikan Pati sebagai sentra produksi tanaman kacang tanah. (Admin Balingtan)