Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Meningkatkan Kapasitas Jurnalis Lingkup Kementerian Pertanian

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Kementerian Pertanian (Kementan) dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia untuk pengelolaan Tv Tani, yaitu Tv streaming yang memberitakan segala hal terkait pertanian, menyelenggarakan Workshop Video Jurnalis selama tiga hari di Desa Gumati Resort, Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari, dihadiri oleh sekitar 15 peserta dari berbagai lingkup UK/ UPT Kementan, Jum’at (30/11).

Ada 6 rumus dalam pembuatan berita (5W+1H) yaitu What (Apa), Who (Siapa), Where (Dimana), When (Kapan), Why (Mengapa), dan How (Bagaimana). Enam pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang dapat membantu memecahkan masalah dan memicu ide-ide.

 “Ini cara sederhana mengembangkan ide cerita sebenarnya biasa digunakan secara ketat dalam penulisan berita langsung,” ujar Meta selaku Produser Kompas TV


Sementara pada hari kedua, peserta mempelajari kamera dan proses editing bersama kameraman Tv One, Anjar. Selain itu, dihari yang sama peserta diajak turun ke lapangan untuk mempraktikan proses pengambilan gambar.

Di kebun seluas 5000 m3 yang berada di daerah Katulampa, Bogor, peserta dibagi kedalam beberapa grup dan langsung melakukan peliputan berita dengan narasumber petani setempat. Hasil liputan kemudian disaksikan bersama di hari terakhir, sambil saling memberikan masukan membangun.

Kepala Sub Bagian Pelayanan Informasi dan Multimedia Kementan, Wahyu Indarto menyatakan bahwa kedepannya, peserta workshop ini akan dijadikan kontributor Tv Tani dan dapat mengisi berbagai konten dan mengangkat berita mengenai wilayah kerja-nya. “Nanti akan ada SK-nya, diharapkan dapat menjadi kontributor Tv-Tani,” Ungkapnya. (Admin Balingtan)