Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Sejak Dini Belajar Mengenal Ternak dan Tanaman

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Pembelajaran mengenai kepedulian terhadap lingkungan penting untuk dikenalkan sejak dini. Terlebih jika pembelajaran tersebut dikemas menarik melalui praktik langsung di lapangan. Tentunya dapat memudahkan anak-anak dalam memahami materi yang diajarkan. Hal tersebut melatarbelakangi adanya kunjungan edukasi untuk menarik minat anak-anak dalam mengenal lingkungan seperti ternak dan tanaman serta cara merawatnya.

 Rabu (04/12), Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) mendapat kunjungan dari peserta didik TK PGRI Tanggel Kecamatan Winong Pati. Sejumlah 31 siswa yang didampingi 4 orang guru tampak bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan.

 Dimulai pukul 09.00 WIB, peserta diajak untuk berkeliling lingkungan Taman Sains Pertanian dipandu oleh staf Balingtan. Sepanjang perjalanan, peserta dikenalkan beberapa jenis ternak milik Balingtan seperti sapi, kambing, ayam, burung, angsa, dan bebek. Mereka juga berkesempatan untuk memberi makan langsung ternak sapi dengan pengawasan guru dan pemandu.

 Selain memberi makan ternak, peserta juga belajar cara menanam bibit tanaman. Setelah menyimak cara menanam yang dicontohkan oleh pemandu, peserta mempraktikan menanam secara langsung dan mandiri. Bibit tanaman yang telah mereka tanam dapat dibawa pulang untuk dirawat. Pemandu juga tidak lupa mengingatkan kepada mereka agar menyiram dan merawat tanaman dengan baik. Pembelajaran ini penting diberikan kepada anak-anak agar bertanggung jawab untuk merawat dan menjaga tanaman sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan. (Nourma-Balingtan)