Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Konsep Keberlanjutan Produksi Pertanian dan Kelestarian Lingkungan di Thailand

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
   

Berita Balingtan - Pelatihan TICA-KOICA Joint Training Program on Sustainable Agriculture and Environmental Management for Sufficiency Economy Philosophy (SEP) di Hua-Hin, Thailand. Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Faculty of Animal Science and Agricultural Technology (ASAT), Silpakorn University (SU), Thailand.

Peserta pelatihan terdiri dari 13 orang (Indonesia 2 orang, Timor Leste 2 orang, Vietnam 3 orang, Malaysia 2 orang, Myanmar 2 orang dan Laos 2 orang). Tujuan pelatihan adalah memberikan pemahaman kepada peserta mengenai konsep-konsep Sustainable Development (SD), Sustainable Agriculture dan Sufficiency Economy Philosophy (SEP), melatih peserta tentang penerapan teknik yang digunakan dalam keberlanjutan produksi pertanian dan kelestarian lingkungan, serta memberi kesempatan kepada peserta untuk berbagi informasi dan pengalaman tentang pelestarian sumberdaya alam di dalam produksi pertanian dan pertukaran konsep teknik pendekatan yang digunakan baik di dalam produksi pertanian maupun pelestarian lingkungan.

Program pelatihan terdiri dari presentasi narasumber di kelas dan kunjungan lapang penerapan konsep SEP di tingkat petani dan proyek-proyek kerajaan. Materi yang lain berkaitan dengan perspektif system budidaya pertanian dan produksi ternak dalam pembangunan pedesaan, dampak lingkungan dari budidaya pertanian, penyuluhan pertanian berkelanjutan, konsep pertanian berkelanjutan yang diterapkan di Korea.

Disamping itu, terdapat program kunjungan lapang ke beberapa petani/farm sukses yang menerapkan konsep SEP, serta berkunjung ke proyek-proyek yang dibangun kerajaan dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat Thailand dan menangani masalah lingkungan. Peserta juga berkunjung ke Fakultas Animal Science and Agricultural Technology Silpakorn University untuk melihat fasilitas dan hasil-hasil penelitiannya. (Ali Pramono - Balingtan)