Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Dukungan Teknologi dari Balingtan untuk Program #SERASI

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
 
 

Berita Balingtan - Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) turut berpartisipasi dalam mendukung Program#SERASI melalui kegiatan superimpose dalam suatu demfarm, bertemakan Optimalisasi Pemanfaatan Pestisida Nabati (pesnab) Berbasis Sumberdaya Lokal”. Sebagai pertimbangan bahwa serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) merupakan salah satu kendala dalam budidaya tanaman pangan di lahan rawa. Selama ini, petani cenderung menggunakan pestisida kimiawi dalam mengendalikan OPT yang berpotensi mencemari lingkungan.

Pemanfaatan bahan-bahan alami berpotensi menggantikan pestisida kimiawi. Bahan alami sebagai bahan baku pestisida nabati tersedia melimpah dan mudah diperoleh di sekitar lingkungan kegiatan pertanian. Bahan alami tersebut juga tersedia di ekosistem lahan rawa, misal gelam, purun tikus, bidara, sungkai, dan kumandrah. Beberapa bahan berbasis sumberdaya lokal dapat digunakan sebagai pestisida nabati yang memberikan prospek terhadap perbaikan kualitas produk pertanian, ramah lingkungan, dan berkontribusi terhadap stabilitas hasil tanaman budidaya.

Penggunaan pesnab Balingtan menjadi salah satu komponen unggulan budidaya padi model RAISA yang digunakan dalam demfarm#SERASI. Untuk improvement pesnab dilakukan superimpose yang terdiri dari tiga perlakuan, yaitu Pesnab dari Balingtan, Pesnab berbahan sumberdaya lokal, dan kontrol petani. Petakan superimpose dilakukan di 5 lahan petani dengan total luasan masing-masing 1000 m2. (Admin Balingtan)