Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Pejabat Fungsional Statistisi dan Pranata Komputer Kementerian Pertanian dalam Menyongsong Era Industri 4.0

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Peran Pejabat Fungsinal Statistisi dan Pranata Komputer dalam menyongsong Industri 4.0 melalui Tugas dan Fungsinya di Kementerian Pertanian, yaitu berperan aktif dalam menyiapkan, memperbaiki dan memperbarui infrastruktur, mentransformasikan metode kerja agar lebih produktif, efektif, dan efisien serta menuntut diri untuk terus maju dan menjadi lebih baik. Acara ini diikuti oleh pejabat Pranata Komputer ada 92 pegawai dan untuk statistisi 45 pegawai, Yogyakarta, Jum’at (1/3).

 

Industri 4.0 adalah industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. Hal ini merupakan tren otomatisasi dan pertukaran data dalam teknologi manufaktur. Istilah ini mencakup system cyber-fisik, Internet of Things (IoT), komputasi awan dan komputasi kognitif.

 

“Tantangan pertanian terintegrasi TIK: standardisasil, modernisasi petani dan infrastruktur TIK pedesaan,” Ujar Eko Nugroho selaku Kasubbid Pusdatin Kementerian Pertanian.

 

Arus revolusi industry 4.0 yang serba digital tak bisa dibendung, termasuk oleh para penyelenggara negara atau Aparatur Sipil Negara (ASN). Sistema tau teknologi pelayanan public kedepannya tak boleh lagi sebatas pertemuan fisik, namun pelayanan bisa dilakukan dari manapun.

 

Penguasaan teknologi dalam system pemerintahan, memiliki tujuan untuk menciptakan Smart ASN yang searah dengan dinamisasi pemerintahan di era digital.

 

Strategi kunci membangun the whole government yaitu menyiapkan kualitas dan kompetensi ASN yang semakin mumpuni, inovatif, kreatif, berdaya saing tinggi, yang memimpin terlaksananya tata kelola pemerintahan modern. (Admin Balingtan)