Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Panca Kelola Ramah lingkungan dan Rendah Emisi

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
   

Berita Balingtan - Kegiatan diseminasi yang bertajuk Panca Kelola Ramah lingkungan dilaksanakan di Desa Wotan Sukolilo. Kegiatan ini menggunakan teknologi-teknologi yang dihasilkan oleh Balai Penelitian Lingkungan Pertanian. Teknologi yang digunakan antara lain: urea berlapis arang/biochar, varietas rendah emisi, biopestisida, biokompos dan pengaturan air.

 Ada 8 boardwalk yang dipersiapkan karena ada 8 titik yang dipergunakan untuk sampling gas CH4. Chamber/sungkup yang dipergunakan ada 4 buah. Sampling gas CH4 ini diperuntukkan mengetahui emisi dari tanaman padi.

 Selain pengambilan gas rumah kaca, juga dilakukan pengamatan tanaman. Yang diamati antara lain tinggi tanaman, jumlah anakan dan organisme pengganggu tanaman (OPT). Pengamatan OPT selama budidaya didapati ada gejala penyakit Blast/bercak daun pada tanaman padi saat umur tanaman 73 HST. Untuk mengatasi hama penyakit tersebut rencana akan dilakukan penyemprotan dengan fungisida sebagai pengendali jamur. Ada juga tanaman terserang penggerek batang sekitar 1%, namun dapat diatasi dengan insektisida. Selain itu dampak dari bencana banjir yang terjadi di sebagian wilayah Sukolilo pada lahan denfarm ini terserang hama tikus sebagian kecil. Untuk mengatasi hama tikus sebelumnya telah dipasang rumah burung, dengan harapan akan ada burung hantu yang tinggal dan memakan tikus.(Admin Balingtan)