Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Perlu Evaluasi dan Strategi untuk Genjot LTT Provinsi Jateng di Bulan Maret 2019

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
 
 

 Berita Balingtan - Evaluasi dan strategi sangat diperlukan dalam pencapaian suatu tujuan ataupun target. Hal tersebut melatarbelakangi Rapat Koordinasi UPSUS Jawa Tengah, Sabtu malam (2/3).

 

Bertempat di Ruang Pertemuan Hotel Sunan, Surakarta. Rapat dibuka oleh Dr. Ir. Suwandi, M.Sc selaku Direktur Jenderal Hortikultura didampingi oleh Ir. Sukarman selaku Direktur Perbenihan Hortikulturan dan Ka Dispertan Jawa Tengah, Ir. Suryo Banendro, MP.

 

Dalam sambutannya, Suwandi memberi beberapa arahan terkait sistem budidaya tanaman terutama padi di Jawa Tengah. Adapun arahan tersebut diantaranya perlu pengurangan penggunaan pestisida, penggunaan pupuk organik, penggunaan varietas padi yang lebih beragam untuk menghindari serangan hama dan penyakit, serta perlu adanya tanaman di pematang agar tidak hanya sistem pertanian monokultur.

 

Pada kesempatan itu, Suryo Banendro juga memaparkan hasil evaluasi mengenai perkembangan realisasi LTT di Provinsi Jawa Tengah. Adapun faktor yang menjadi kendala dan perlu diperhatikan seperti keterlambatan distribusi pupuk pada beberapa kabupaten, kekeringan, banjir, dan juga serangan hama. Diharapkan melalui pemaparan tersebut dan juga hasil capaian produksi tanaman pangan selama 5 tahun terakhir dapat menjadi acuan dalam meningkatkan LTT di provinsi Jawa Tengah.

 

Pada kesempatan itu juga dibahas mengenai target tanam bulan Maret pada masing-masing provinsi. Kabupaten yang menjadi tanggung jawab Balingtan, yaitu Pati memiliki target tanam 26.789 ha dan Jepara memiliki target tanam 677 ha. Dengan adanya target ini, perlu strategi yang tepat agar dapat tercapai. (Admin Balingtan)