Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Menjalin Kerjasama Untuk Saling Mendukung Kemajuan

Penilaian: 1 / 5

Aktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
 

Berita Balingtan - Kegiatan penelitian remediasi cemaran pestisida dan logam berat di lahan pertanian dalam mendukung pencapaian swasembada pangan mulai melakukan persiapan untuk memulai. Langkah awal yang dilakukan adalah menghubungi pihak yang dapat membantu menyediakan bahan nano karena material nano masih sangat susah didapatkan. Salah satu pihak yang mempunyai alat untuk menjadikan material menjadi ukuran nano adalah Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro Semarang, lebih spesifik adalah di Departemen Fisika.

            Bertemu dengan salah satu dosen Fakultas MIPA UNDIP (6 Maret 2019) Dr. Agus Subagio, S.Si, M.Si dan Kepala Laboratorium Fisika, Ibu Ayu. Peneliti Balingtan Wahyu Purbalisa, SP membuka diskusi dengan menyampaikan maksud kedatangan kemudian berlanjut dengan diskusi mengenai nano biochar. Pihak departemen fisika menyambut dengan tangan terbuka dan malah meminta untuk dimasukkan dalam tim penelitian, sehingga Balingtan tidak semata-mata hanya memasukkan sampel material untuk dijadikan ukuran nano tetapi juga mendapat partner penelitian. Hal ini tentu saja saling menguntungkan bila bisa terjalin dengan baik.

            Selain diskusi di ruangan juga dilakukan diskusi di laboratorium material. Dimana juga dijelaskan cara kerja alat untuk membuat material nano. Kapasitas alat sangat kecil sehingga dibutuhkan waktu yang lama bila ingin membuat material nano dalam jumlah yang banyak.

            Dari pembicaraan yang telah dilakukan besar harapan pihak UNDIP untuk dapat bekerjasama dalam penelitian mengenai nano material. Bila terwujud mungkin akan baik sekali dampaknya, pihak UNDIP mengkaji materialnya sedangkan pihak Balingtan mengkaji pemanfaatan dan dampaknya secara langsung ke lahan pertanian. Hal ini tentu saja akan mendukung juga pertanian modern. JAYALAH PERTANIAN INDONESIA!! (Admin Balingtan)