Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Sinergi, Kunci Optimalnya Penelitian Lingkup Balitbangtan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Bertempat di Ballroom Blambangan Illira Hotel-Banyuwangi, Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Fadjry Djufry, M.Si membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Lahan Pertanian (BBSDLP). Rakor dengan tema Akselerasi Penciptaan dan Hilirisasi Inovasi Teknologi Sumberdaya Lahan untuk Mendukung Kegiatan Strategis Balitbangtan Menuju Era Industri 4.0 berlangsung selama 3 hari. 

Dalam arahannya, Dr. Fadjry menyampaikan beberapa poin penting mengenai kegiatan penelitian di lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan). Sesuai tema rakor menuju era 4.0, Dr. Fadjry menghimbau agar layanan masyarakat sudah berbasis digitalisasi dan mulai meninggalkan cara konvensional.

Selain itu, mengingat Balitbangtan merupakan lembaga penelitian dengan jumlah SDM, paten, dan profesor riset terbesar di Indonesia, lembaga ini diharapkan mampu memberikan outcome yang dapat dimanfaatkan oleh petani.

Salah satu upaya peningkatan outcome dapat dilakukan dengan kerja sama dengan pemerintah daerah agar inovasi Balitbangtan dapat diimplementasikan secara langsung yang tentunya juga dapat menjadi sarana diseminasi penelitian Balitbangtan sehingga hasil teknologi dan inovasi Balitbangtan dapat dikenal luas oleh masyarakat.

Sejauh ini, kegiatan block program dilakukan terpisah pada masing-masing unit Pelaksana Tugas (UPT) Litbang. Dr. Fadjry menghimbau kegiatan penelitian harus dilaksanakan secara sinergi dan konsolidasi antar balai yang ada di lingkup Balitbangtan.

“Selama ini kita hanya mampu menciptakan raksasa namun kecil dan tersebar. Dengan sinergi antar Balai di Lingkup Balitbangtan, kita dapat menciptakan inovasi yang lebih besar” Himbau Dr. Fadjry.

Sebagai penutup, Dr. Fadjry menandatangani kerja sama antara Balitbangtan dengan Pemerintah Kabupaten Situbondo serta pemberian apresiasi dan cinderamata kepada peneliti dan litkayasan berprestasi di lingkup BBSDLP. (Nourma-Balingtan)