Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Tim Paspa Balingan Ikut Pendampingan Sertifikasi HKI

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Tim Paspa Balingtan yang diwakili oleh Umi Mardiyah, STP berkesempatan mengikuti “Sosialisasi Pelaksanaan Kegiatan Pendampingan Sertifikasi HKI”. Acara yang diselenggarakan oleh Disporapar (Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata) bekerja sama dengan Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) bertujuan untuk melakukan sosialisasi kepengurusan HKI paten cipta maupun merek. Tim Paspa Balingtan merupakan salah satu dari 50 peserta yang lolos dalam penjaringan oleh Disporapar, Semarang, Rabu (10/4).

HKI merupakan suatu bentuk pengakuan terhadap karya intelektual yang telah dihasilkan oleh penemu/pencipta/pendesain sehingga harus diberikan penghargaan sebagai imbangan atas upaya kreatif dalam menemukan/menciptakan karya intelektualnya. Oleh karena itu pemerintah khususnya Kementrian Hukum dan HAM memberikan perlindungan terhadap HKI tersebut.

Dalam hal mendapatkan HKI, Disporapar bersama dengan Bekraf akan membantu proses antara lain dalam pembagian kelas produk, pengecekan hak cipta/hak merk yang sudah ada/belum, pengisian form dan pembayaran biaya HKI. Sedangkan untuk konfirmasi proses selanjutnya akan dilakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Lebih lanjut lagi untuk pengurusan HKI, tim Paspa Balingtan harus mempersiapkan NPWP, IUMK, logo, dan merk. Merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk dua dimensi dan/atau tiga dimensi, suara, hologram atau kombinasi dari dua atau lebih unsur untuk membedakan barang barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa. Untuk melihat kelas dari produk yang dimiliki dapat dilihat pada website www.skm.dgip.go.id sedangkan untuk penelusuran HKI yang sudah terdaftar dapat dilihat pada website www.dgip.go.id baik HKI paten cipta maupun paten merk. (Admin Balingtan)