Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Teknologi Inovasi Balingtan Bermanfaat Besar Ke Masyarakat

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Dalam mendiseminasikan inovasi teknologi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) utamanya ke stakeholder terkait. Balingtan bersama Bappeda Jepara melaksanakan kerjasama dengan Balingtan terkait pemanfaatan inovasi teknologi dan desiminasi, Rabu (10/4).

"Dengan mencoba konsep pertanian, hasil teknologi dan teknisnya waktu pelaksanaan terkait pelatihan dan bimbingan teknologi yang ada diBalingtan," ujar Amirul selaku pejabat di Bappeda.

Melalui Sanggar Iptek Masyarakat (SIM) yang berada di Kabupaten Jepara dapat menambah wawasan dan pengetahuan terkait teknologi pertanian ramah lingkungan.

Didalam bimtek nantinya di share ilmu cara pembuatan biochar (Arang) dalam pelapisan ke urea menggunakan granulator. Inovasi Teknologi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian yang berdampak besar kepada masyarakat karena lebih murah dan bisa diterapkan oleh petani.. Teskit pengukuran hara tanah dan rekomendasi pemupukan dari Balittanah pun akan dikonsepkan dalam bimtek.

Kabupaten Jepara ada usaha industri meubel membuat lengkungan kaca pada meja. Banyak sekali arang kayu yang terbuang dan tidak termanfaatkan arang dari usaha tersebut. Balingtan akan mengujinya terlebih dahulu di Laboratorium Balingtan yang berlokasi di Pati Jawa Tengah terkait kandungan bahan solar yang berada dalam arang tersebut. Pengujian tersebut terkait aman dan tidaknya terhadap pertumbuhan tanaman. (Admin Balingtan)