Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Antusiasme Anak-anak Wisata Edukasi di Balingtan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Kegiatan fieldtrip merupakan kegiatan keluar dari lingkungan sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan kembali daya konsentrasi anak-anak dari kejenuhan belajar di dalam kelas. Adalah PAUD Miftahul Falah dari Desa Dukuhmulyo, Jakenan, yang memilih Balingtan untuk destinasi kegiatan fieltrip di Balingtan (30/4).

Balingtan sendiri merupakan tempat yang sering dikunjungi anak-anak sebagai sarana untuk berwisata, bersenang-senang, sekaligus mencari pengalaman yang tidak didapatkan selama di sekolah. Kegiatan ini berlangsung selama sekitar 2,5 jam yaitu dimulai pada pukul 08.00-10.30 WIB sejumlah 75 anak dan 6 orang guru pendamping. Anak-anak belajar mengenal beberapa jenis tanaman dan belajar membedakan berbagai warna yang terlihat di sepanjang perjalanan fieldtrip di Balingtan.

Selain berjalan-jalan dan mengenal berbagai macam jenis tanaman, kegiatan lain yang dilakukan yaitu belajar memberi makan ternak dan belajar cara menanam tanaman. Antusiasme anak-anak sangat terlihat apalagi ketika melihat dan belajar secara langsung untuk memberi makan ternak. Kegiatan ini dilakukan selain agar anak-anak mengetahui jenis makanan untuk ternak, juga untuk melatih keberanian mereka sejak dini. Setelah itu, anak-anak diajak untuk belajar menanam tanaman cabai di polybag. Disini, anak-anak juga dilatih agar tidak takut kotor dan selanjutnya belajar merawat tanaman dengan baik. (Admin Balingtan)