Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Mendiseminasikan Pembuatan Biopestisida dan Urea Berlapis Arang (Biochar)

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Diseminasi teknologi yang dihasilkan balai penelitian sangat penting untuk dapat dipergunakan oleh masyarakat umum sehingga memberikan kemudahan maupun hasil yang lebih baik bagi pengguna. Balai penelitian Lingkungan Pertanian telah menghasilkan teknologi biopestisida dan urea berlapis arang aktif yang telah didaftarkan sebagai paten. Bappeda Jepara mulai melirik teknologi yang dihasilkan Balingtan ini untuk dapat diterapkan di daerahnya. Maka bappeda Jepara meminta Balingtan untuk menjadi narasumber dalam bimbingan teknis yang bertema “Pelapisan Pupuk Urea Dengan Arang Aktif Yang Dihasilkan Dari Limbah Pertanian”.

Pada tanggal 2 Mei 2019 bimtek dimulai dengan pemberian teori mengenai biopestisida dan urea berlapis arang (biochar). Mengapa arang aktif digantikan dengan arang?? Ini dikarenakan arang lebih ekonomis dibandingkan dengan arang aktif, selain itu arang mudah didapatkan di lingkungan sekitar.

Hari selanjutnya (3 Mei 2019) dilakukan praktik dari teori yang sudah diberikan. Dimulai dengan membuat arang dari sekam menggunakan tungku sederhana, kemudian praktik pembuatan biopestisida mulai dari perebusan bahan mentah hingga pencampuran semua ekstraksi dan penambahan bakteri Bacillus aryabhattai. Kemudian yang terakhir adalah praktik pelapisan urea menggunakan arang yang telah dihaluskan.

Secara garis besar semua peserta sangat penasaran dengan komposisi bahan maupun cara pembuatan dan tertarik untuk melakukan praktik serta ingin menerapkan apa yang telah diberikaan di bimtek. Terutama bagi PPL untuk menularkan ilmu yang telah didapat kepada petani binaan. Diharapkan ilmu yang telah ditularkan dapat dipraktikkan dengan baik oleh peserta bimtek. (Dolty Mellyga Wangga Paputri-Balingtan)