Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Meneruskan Panca Kelola Ramli

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Panca Kelola Ramah Lingkungan atau yang biasa disebut Panca Kelola Ramli di Desa Wotan Kecamatan Sukolilo ini telah berjalan 2 musim dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Dan untuk ketiga kalinya Panca kelola ramli dimulai kembali sejak bulan Februari 2019 dengan olah tanah I, olah tanah II, persemaian benih Inpari 32, dan penyebaran biokompos sebanyak 3 ton ke lahan. Saat bibit padi berumur 21 hari dilakukan tanam pindah.

Sistem tanam yang digunakan adalah jajar legowo 2 : 1 dengan jarak 20x40x10 cm. Seperti perlakuan sebelumnya, kali ini tetap menggunakan biopestisida untuk mencegah serangan OPT dan urea berlapis arang sebagai pupuk.

Selain itu juga tetap dilakukan pemasangan lightrap. Setelah tanam maka rencana kegiatan selanjutnya adalah pemupukan I. diharapkan muim ketiga ini didapatkan hasil yang maksimal seperti musim sebelumnya walaupun menggunakan bahan ramah lingkungan. (Admin Balingtan)