Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Verifikasi LTT UPSUS di kecamatan Bangsri, Kembang, Keling dan Donorejo

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Kondisi umum lahan UPSUS di kecamatan Bangsri, Kembang dan Donorejo, tanaman padi musim tanam pertama yang sudah dipanen sebagian besar sudah ditanami padi  lagi, sebagian ada yang sudah diolah dan ada masih dibiarkan bera sembari menunggu umur bibit padi sudah siap ditanam. Tanaman padi kecamatan Bangsri, Kembang dan Donorejo rata-rata sudah berumur sekitar 1-4 minggu, kecuali kecamatan Keling sebagian besar tanaman sudah fase anakan maksimum dan premordia bunga.  Pada kondisi lahan yang berteras untuk antisipasi curah hujan yang redah sebagian petani tidak lagi tanam padi pada musim tanam kedua mengganti dengan tanaman jagung. Belum ditemukan terjadi kekeringan pada tanaman padi, dan serangan HPT yang tinggi, Kamis (16/5).

Luas Tambah Tanam (LTT) padi kecamatan Bangsri, Kembang, Keling dan Donorejo s/d 16 Mei 2019 masing-masing seluas 319; 350; 27 dan 679  Ha, sedangkan LTT padi Kabupaten Jepara s/d 16 Mei 2019 seluas 5783 Ha. Kesanggupan LTT padi Mei 2019 Kab. Jepara seluas 7250 Ha, dan hasil Kesepakatan Rakor di Hotel Swiss Belinn (29 April 2019) LTT Mei seluas 7572 Ha.

Kekurangan target LTT dengan sisa waktu selama 15 hari seluas 1467 – 1789 Ha akan terpenuhi karena perkiraan target  selama 15 hari kecamatan Bangsri, Kembang, Keling dan Donorejo diatas 1500 Ha, belum kecamatan lainnya dengan potensi LTT Mei tinggi yaitu Welahan, Kalinyamatan, Pecangaan, Batealit, Tahunan dan Mlonggo. (Admin Balingtan)