Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Bulan Ramadhan Balingtan tidak Surut Aktivitas: Part 1. Jawa Tengah

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Bertepatan dengan hari ke-12 bulan suci Ramadhan, tidak menyurutkan tim Balingtan untuk melakukan aktivitas di luar kota.  Dipimpin langsung oleh Bapak Kepala Balingtan, tim melakukan kunjungan ke Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah. Kunjungan tersebut merupakan salah satu upaya Balingtan untuk menjalankan inkubator bisnis ternak sapi. Adapun tenan yang diharapkan adalah petani-peternak muda millennial yang mempunyai perspektif pertanian ramah lingkungan di masa depan. Bertempat di ruang kerja Ibu Kepala Dinas (Ir. Khofifah, MM), tim Balingtan yang dipimpin langsung oleh Bapak Kepala Balingtan (Ir. Mas Teddy Sutriadi, M.Si) melakukan audiensi terkait dengan upaya pemanfaatan ternak sapi Balingtan. Sebanyak 55 ekor sapi dari Balingtan akan dihibahkan kepada petani-peternak muda millennial melalui Dinas Pertanian dan KP, Kab. Tegal, Jumat (17/5).

“Kami berharap dengan hibah sapi dari Balingtan kepada petani-peternak muda millennial, ternak sapi akan jauh lebih bermanfaat terutama untuk mereka yang berorientasi pada pertanian ramah lingkungan, itu sejalan dengan visi Balingtan” ungkap Kepala Balingtan. Ibu Kadis pun menyambut baik rencana hibah ternak sapi dari Balingtan, namun pelaksanaannya harus sesuai dengan peraturan sehingga tidak akan menimbulkan masalah bagi kedua belah pihak (Balingtan dan Dinas Pertanian).

Kegiatan kunjungan dilanjutkan peninjauan ke lokasi petani-peternak muda millennial untuk memastikan rencana hibah tepat sasaran. Melihat kondisi kandang dan pakan, Bapak Kepala Balingtan menggarisbawahi bahwa petani-peternak muda tersebut perlu mendapatkan bimbingan teknik dalam hal pengelolaan kandang dan pakan dari Tim Diseminasi Balingtan. “Tim Diseminasi sebaiknya menjadwalkan bimtek pengelolaan kandang dan pakan untuk petani-peternak disini (Kab. Tegal),” pungkas Bapak Ka Balingtan.

Selanjutnya petugas Sistem Informasi Manajeman Akuntasi Keuangan-Barang Milik Negara (SIMAK-BMN) baik dari Balingtan (Bapak Sudarmin) maupun dari Dinas Pertanian dan TP (Bapak Bambang Asmoro, SP) sepakat akan mendalami peraturan hibah ternak sapi. Sebagai tindak lanjut kunjungan, Ibu Kadis dan Tim merencanakan akan berdiskusi lebih lanjut di Balingtan pada pertengahan bulan Juni depan.

Semua berharap rencana hibah ternak sapi akan berjalan sesuai harapan sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih bagi petani-peternak millennial di Kabupaten Tegal. (Admin Balingtan)