Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Tingkatkan sinergi dengan Petugas Penyuluh Lapangan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
       

Berita Balingtan - Teriknya matahari tidak menyurutkan tim Diseminasi untuk melakukan aktivitas pendampingan di lahan petani, di Desa Wotan, Kec. Sukolilo, Kab. Pati, yang berjarak hampir 50 km dari kantor Balingtan.  Pendampingan kali ini bertepatan dengan pengambilan sampel gas rumah kaca (GRK) dan pengukuran parameter tanaman seperti tinggi tanaman, jumlah anakan, pengukuran pH, pengukuran Eh dan pengamatan OPT. Tinggi tanaman dan jumlah anakan menunjukkan perkembangan yang baik, sedangkan untuk OPT terlihat terjadi penerbangan kupu penggerek yang luar biasa, hal ini dapat dilihat dari banyaknya bangkai kupu penggerek di bawah light trap yang tertampung dalam ember berisi air, Senin (27/5).

Pendampingan untuk petani di Desa Wotan tidak dilakukan sendiri oleh Tim Balingtan, namun melibatkan Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Kecamatan Sukolilo untuk wilayah Desa Wotan. Adalah Bapak Masrukan, SP yang sehari-hari mendampingi kelompok tani di Desa Wotan dan membantu tim Balingtan untuk mengontrol kondisi lapang, terutama dalam pengendalian OPT. Sinergitas tim Balingtan dan PPL kecamatan harus ditingkatkan untuk memberikan pendampingan yang optimal sehingga hasil panen petani binaan semakin meningkat. (Admin Balingtan)